Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Sikap yang Baik Saat Jam Pelajaran Berlangsung? Ini Infonya

Kompas.com - 17/09/2022, 14:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sikap yang baik saat jam pelajaran berlangsung atau saat berada di sekolah wajib diketahui siswa

Terlebih saat ini semua sekolah telah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Sehingga interaksi guru dan siswa tentunya akan semakin intens karena kegiatan belajar mengajar juga sudah rutin dilakukan.

Lantas bagaimana sikap yang baik saat jam pelajaran berlangsung? Sikap siswa terhadap guru tentu harus baik dan sopan. Sikap itu wajib dilakukan siswa karena guru memiliki peran besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. 

Melansir dari laman Global Prestasi School Bekasi, Jawa Barat, seperti ini sikap yang baik saat jam pelajaran berlangsung atau saat siswa berada di sekolah. Sebagai siswa wajib menerapkan sikap ini saat berinteraksi dengan guru di kelas maupun di sekolah.

Baca juga: Siswa, Ini Lho Makna Lambang Osis di Seragam Kalian

Sikap yang baik saat jam pelajaran berlangsung

1. Memberi salam kepada guru

Sikap yang baik terhadap guru yakni dengan memberi salam ketika bertemu mereka. Hendaknya mengucapkan salam dilakukan murid saat bertemu dengan guru dimanapun. Baik itu di sekolah, di jalan, dan di tempat-tempat lainnya. Contoh paling sederhana adalah memberikan salam ketika guru masuk ke dalam kelas.

2. Bersikap lembut dan sopan

Sebagai siswa, selain memberi salam terhadap guru, kamu juga wajib bersikap lembut dan sopan kepada guru. Dengan bersikap lemah lembut kepada guru menunjukan rasa hormat siswa.

Guru sudah dianggap sebagai orangtua yang telah mendidik dan mengajarkan banyak hal untuk kehidupan. Guru pun selalu mengajarkan kita dengan penuh keikhlasan.

3. Taati peraturan dari guru

Sudah menjadi kewajiban guru untuk memberikan bekal ilmu terhadap murid. Tidak hanya berupa materi pelajaran tapi juga pembentukan karakter siswa. Tidak ada guru yang menyuruh anak didiknya untuk melakukan perbuatan tercela atau kriminal. 

Sehingga sudah menjadi kewajiban siswa untuk menaati guru selama peraturan tersebut berada di koridor yang baik dan sesuai norma-norma yang ada. Guru tentunya tidak akan pernah berhenti menasehati dan membimbing kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Tugas Patroli Keamanan Sekolah PKS

4. Memperhatikan dan fokus saat mengajar

Sikap yang baik saat jam pelajaran berlangsung yakni dengan fokus dan konsentrasi saat guru menerangkan materi pelajaran di kelas.

Siswa harus menghindari sikap ini saat jam pelajaran berlangsung. Misalnya tertidur dalam kelas, tidak bercanda atau tidak bermain game saat guru mengajar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com