Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Sejarah dan Tugas Patroli Keamanan Sekolah PKS

Kompas.com - 30/08/2022, 13:28 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang biasa ada di jenjang SMP maupun SMA.

Salah satu tugas siswa yang ikut ekstrakurikuler PKS adalah membantu mengatur arus lalu lintas di lingkungan sekolah maupun jalan menuju ke sekolah.

Bagi siswa yang punya cita-cita ingin menjadi polisi, bisa mencoba ikut ekstrakurikuler PKS ini di sekolah. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya ekstrakurikuler PKS ini?

Melansir dari laman MTS Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu (30/1/2022) menjelaskan sejarah ekstrakurikuler PKS yang biasa dipilih para siswa ini.

Baca juga: 8 Tugas Palang Merah Remaja PMR

Sejarah Patroli Keamanan Sekolah

Ekstrakurikuler PKS ini dibentuk 5 Mei 1965. Dilihat dari tugasnya, keberadaan ekstrakurikuler PKS ini tidak jauh beda tugasnya dengan PJR ( Patroli Jalan Raya) di satuan kepolisian.

Awalnya Patroli Keamanan Sekolah atau PKS ini bernama Polisi Keamanan Sekolah yang dibentuk pada tanggal 5 Mei 1975.

Pada saat awal terbentuk, ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit. Yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan siswa lainnya.

Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi Keamanan Sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Letkol. Anton Soedjarwo.

Baca juga: Cek 21 SMA Terbaik di Bali Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Setelah namanya diubah, ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah mengalami perluasan dan penyempitan.

Tugas anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) makin sempit karena hanya mengawasi atau memantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Namun Patroli Keamanan Sekolah juga wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.

Patroli Keamanan Sekolah penting dibentuk

Meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga satpam, keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah ini juga sangat penting.

Ekstrakurikuler PKS ini perlu dibentuk untuk menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin terhadap para siswa jenjang SMP maupun SMA.

Dengan demikian, di masa yang akan datang akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas.

Selain itu para siswa juga bisa mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenali Kelebihan dan Kelemahan Generasi Z

Tugas Patroli Keamanan Sekolah

Sebagai siswa juga perlu tahu sejumlah tugas PKS yang lainnya antara lain mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Terutama saat menyeberangkan siswa-siswi saat berangkat maupun pulang sekolah.

PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah. Misalnya ketika ada kegiatan Porseni, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya.

Meski Patroli Keamanan Sekolah merupakan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, namun para anggota PKS juga wajib membantu pengguna jalan lainnya.

Seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan. Bahkan anggota PKS juga bisa turut membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Baca juga: Intip 6 Manfaat Ikut Kegiatan Outbound bagi Siswa

Itulah sejarah Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan tugas-tugasnya. Setelah membaca informasi ini, apakah siswa tertarik ikut ekstrakurikuler PKS ini?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com