Kompas.com - 17/09/2022, 11:02 WIB
|

KOMPAS.com - Guna menyelaraskan kebijakan pembelajaran dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga membuat skema baru terutama pada seleksi masuk PTN.

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, kebijakan ini untuk menyambungkan transformasi pada Merdeka Belajar.

Dijelaskan, data tahun 2020/2021, ada lebih dari 3,2 juta siswa lulus dari jenjang SMA/SMK/sederajat.

Adapun mahasiswa baru yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi secara nasional ialah lebih dari 2,1 juta mahasiswa dan dari jumlah tersebut sekitar 762 ribu mahasiswa diterima di PTN, baik akademik maupun vokasi.

Baca juga: Terkait Penerapan Tes Skolastik Masuk PTN, Komisi X DPR: Tak Bisa Diberlakukan Tiba-tiba

Skema masuk PTN 2023

Karena itu, skema seleksi masuk PTN harus memberikan kesempatan yang luas bagi calon mahasiswa guna dapat menempuh pendidikan tinggi sesuai minat dan bakatnya.

Maka, calon mahasiswa bisa lebih bebas dalam menentukan program studi pilihannya tanpa merasa dibatasi. Sebab, skema masuk PTN berkorelasi kuat dengan kualitas lulusan perguruan tinggi yang mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

"Siapa pun dengan kurikulum apa pun bisa mengkuti seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai dengan skema seleksi yang baru," ujarnya pada webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB): Mewujudkan Transformasi Skema Masuk Pendidikan Tinggi Negeri Berkeadilan, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan, justru salah satu latar belakang di balik perubahan transformasi ini tentu juga untuk bisa mengakomodasi pergerakan kurikulum, di samping mentransformasi pembelajaran di SMA.

Diharapkan nantinya calon peserta seleksi bisa lebih fokus pada:

  • pembelajaran
  • penguasaan materi
  • kemampuan bernalar
  • kemampuan literasi dan numerasi yang lebih mendalam
  • kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan di dalam menyelesaikan berbagai permasalahan secara lintas keilmuan

Baca juga: Nadiem Makarim: Ini 3 Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Sosialisasi skema masuk PTN 2023 diumumkan Desember

Nizam juga menjelaskan, Kurikulum 2013 mengaitkan nilai-nilai authentic learning yang implementasinya ada di dalam tes seleksi yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.