Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Kompas.com - 11/09/2022, 16:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki berat badan ideal tentu menjadi impian siapa saja. Karena itu seseorang butuh tips menurunkan berat badan yang sehat.

Jika Anda berat badannya kurang ideal atau kelebihan, maka harus menurunkannya. Tentu, menurunkannya tidak bisa asal-asalan.

Adapun penurunan berat badan paling cepat yang dianjurkan atau diperbolehkan adalah sekitar satu kilogram per minggu.

Diet agar berat badan turun drastis umumnya dianjurkan bagi orang yang mengalami obesitas, terutama jika kondisi ini sudah menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Info Ners Unair

Jika melakukan diet agar berat badan turun drastis juga sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter. Karena jika tidak, dikhawatirkan justru berakibat buruk terhadap kesehatan.

Lantas, bagaimana caranya? Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini 6 tips menurunkan berat badan yang sehat dan bisa cepat turun drastis.

Tips menurunkan berat badan

1. Rutin berolahraga

Cara pertama ialah dengan rutin berolahraga. Jadi, Anda cukup melakukan olahraga ringan tiga kali dalam sehari.

Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain adalah berjalan cepat, angkat beban, push up, atau naik turun tangga selama minimal 7 menit.

Baca juga: 6 Cara Atasi Kram Perut Saat Haid dari Ners Unair

2. Perbanyak protein dan sayuran

Adapun tips menurunkan berat badan selanjutnya ialah dengan memperbanyak asupan protein dan sayuran. Asupan protein yang tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan Anda.

Dengan begitu, asupan kalori juga akan berkurang. Contoh makanan tinggi protein adalah daging tanpa lemak, ikan, udang, telur, kacang, tahu, dan tempe.

Selain protein, lengkapi juga diet Anda dengan sayuran rendah kalori, seperti bayam, tomat, mentimun, kembang kol, selada, dan brokoli. Serat yang ada dalam sayuran akan membuat Anda cepat kenyang.

3. Kurangi gula dan karbohidrat

Saat mengalami defisit kalori, tubuh akan membakar lemak yang merupakan cadangan kalori dalam tubuh. Jika lemak tubuh berkurang, berat badan Anda juga akan turun.

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara berikutnya ialah dengan memenuhi asupan cairan bagi tubuh. Maka, Anda harus minum air putih minimal delapan gelas sehari. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Pakai Ramuan Alami, Info Ners Unair

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang minum cukup air putih cenderung lebih mudah mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan.

Hindari minuman berkalori tinggi, seperti soda dan minuman berperisa, karena mengandung banyak gula.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com