Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pekerjaan Bergaji Tinggi bagi Fresh Graduate

Kompas.com - 05/09/2022, 12:53 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber jobstreet

KOMPAS.com - Mendapatkan gaji tinggi saat bekerja menjadi hal yang diidam-idamkan para fresh graduate.

Namun bagi para fresh graduate yang masih minim pengalaman, mendapatkan gaji tinggi saat bekerja mungkin menjadi sesuatu yang sulit diwujudkan.

Namun tahukah kamu bahwa ada 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia, bahkan bagi para fresh graduate.

Merangkum website penyedia lowongan kerja JobStreet, ada beberapa pekerjaan dengan gaji besar yang mungkin cocok dengan kualifikasi dan juga minatmu. Berikut 5 pekerjaan bergaji tinggi bagi para fresh graduate.

Baca juga: Honda Prospect Motor Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1

1. Staff di bidang IT atau Komputer

Di era modern seperti sekarang sumber daya manusia di bidang IT atau Komputer sangat dibutuhkan. Tak ayal lagi, lulusan jurusan itu sangat dibutuhkan banyak perusahaan.

Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan bidang IT dan komputer seperti front-end engineer dan back-end engineer atau full-stack engineer.

Profesi ini akan mengimplementasikan segala masukan atau kebutuhan dalam ranah user experience (UX) dan juga user interface (UI).

Kisaran gaji untuk bidang IT atau Komputer tergantung setiap perusahaan. Namun, dari data yang peroleh, pekerjaan di bidang IT mampu memberikan para fresh graduate gaji dengan median sekitar Rp 8.050.000 untuk wilayah Jakarta atau ibu kota besar lainnya.

Kisaran gaji ini median saja yang berarti fresh graduate mungkin bisa memperoleh gaji di atas angka tersebut.

Baca juga: Daftar SMA Terbaik di Klaten, Peringkat 1 Negeri Atau Swasta?

2. Peserta Graduate Development Program di Industri Teknik

Bagi fresh graduate yang sebelumnya kuliah di jurusan S1 Teknik Sipil, mengikuti graduate development program di suatu perusahaan bisa dipertimbangkan.

Program seperti ini umumnya menuntut para peserta untuk terlibat dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, misalnya 2 hingga 3 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, fresh graduate tidak hanya mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah, tetapi kamu juga akan memperoleh gaji.

Meskipun gaji development program di industri teknik berbeda-beda, namun pekerjaan ini bisa menjadi salah satu yang memberikan gaji fresh graduate cukup tinggi.

Menurut riset, para peserta program ini dapat memperoleh hingga Rp 9.100.000 setiap bulannya (tergantung kota tempat perusahaan berada).

Baca juga: Mengenal SMA Pradita Dirgantara, Sekolah Terbaik Ke-3 di Indonesia

3. Dokter

Jurusan Kedokteran selalu banyak peminatnya juga karena prospek kerja yang cerah setelah lulus. Namun sudah diketahui bahwa proses untuk meraih gelar dokter dan bisa praktik butuh perjuangan.

Mahasiswa kedokteran menempuh kuliah selama hingga 8 semester untuk jadi Sarjana Kedokteran. Selanjutnya menjalankan tanggung jawab sebagai co-assistant atau co-ass agar dapat menjadi dokter muda.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com