Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate Bukan dari Universitas Ternama

Kompas.com - 04/09/2022, 13:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Sumber jobstreet

KOMPAS.com - Saat ini perusahaan sangat spesifik dalam memberikan persyaratan dalam proses rekrutmen karyawan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para fresh graduate.

Bahkan di beberapa persyaratan lowongan kerja, tertera syarat kandidat harus berasal dari universitas ternama dengan peringkat terbaik.

Lantas bagaimana fresh graduate dari universitas yang kurang terkenal? Syarat tersebut tentu menjadi beban tersendiri karena kinerja seseorang tidak hanya ditentukan berdasarkan almamater semata.

Menyikapi kondisi ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para fresh graduate. Melansir dari laman website penyedia lowongan kerja JobStreet, membagikan tips melamar pekerjaan bagi fresh graduate dari universitas yang kurang ternama. Apa saja tipsnya? Yuk simak informasi berikut ini:

Baca juga: 13 Sekolah Terbaik di Bantul Versi Nilai UTBK 2022, SMA Negeri Mendominasi

Tips melamar kerja bagi fresh graduate bukan dari universitas ternama

1. Terlibat organisasi di kampus

Meski kamu bukan lulusan dari kampus ternama, kualitas dirimu bisa diperlihatkan dari pengalaman berorganisasi selama menjadi mahasiswa.

Dengan aktif berorganisasi, kamu bisa memiliki berbagai pengalaman baru yang bisa dicantumkan dalam CV. Bagian HR bisa menilai kamu lebih tinggi karena setidaknya kamu sudah familiar dengan lingkungan yang mengandalkan kerja sama dan menuntut profesionalisme.

Mengikuti organisasi juga bisa menjadi bukti untuk beberapa soft skill yang dicantumkan dalam CV kamu.

2. Menjadi relawan atau volunteer

Selain aktif di organisasi kampus, kamu juga bisa mengikuti kegiatan volunteer. Jika sudah lulus, kamu lebih leluasa untuk mengikuti kegiatan menjadi relawan. Kamu bisa ikut volunteer yang diadakan komunitas-komunitas kecil hingga NGO yang cukup terkenal.

Ketika menjadi volunteer, jangan berorientasi pada uang. Tapi manfaatkan kegiatan volunteer ini untuk memperluas koneksi dan menambah pengalaman. Pengalaman volunteer juga berguna untuk menambah poin di CV.

Hal ini sangat berharga, terlebih untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja. Kamu juga bisa mengembangkan soft skill seperti kepemimpinan, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan, dan menganalisis situasi kondisi.

Baca juga: Peneliti IPB Sebut Ada 2 Jenis Kopi yang Kurang Populer, Apa Saja?

3. Mengikuti pelatihan kerja

Tips lain melamar kerja bagi fresh graduate bukan dari universitas ternama yakni bisa mengikuti pelatihan kerja. Dengan mengikuti pelatihan kerja, kamu bisa mengasah hard skill yang sudah kamu miliki.

Mengikuti pelatihan kerja juga jadi kesempatan untuk mempraktikkan teori-teori saat kuliah dulu. Jenis pelatihan kerja juga bermacam-macam, ada skills training, retraining, team training, dan creative training. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com