Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Chevening 2023/2024 Buka 1.500 Kuota, Ini Syarat dan Jadwal Daftarnya

Kompas.com - 03/08/2022, 12:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa Chevening akan membuka lebih dari 1.500 kuota beasiswa yang akan ditawarkan secara global untuk tahun akademik 2023/2024.

Program beasiswa Chevening telah dibuka sejak 1983, sejak itu sudah ada 50 ribu profesional yang memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirinya di Inggris lewat beasiswa Chevening.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Beasiswa yang ditawarkan ini membuktikan komitmen Inggris untuk mengembangkan pemimpin masa depan secara berkelanjutan.

Sebagai informasi saja, beasiswa Chevening menawarkan dukungan finansial secara keseluruhan bagi para sarjana yang memenuhi syarat untuk belajar dan meraih gelar Pascasarjana baik jurusan maupun universitas yang ada di Inggris.

"Jika memiliki semangat untuk mendorong perubahan, baik skala lokal maupun global, jika ingin menjadi yang terbaik di bidang yang ditekuni, dan jika memiliki mimpi untuk menginspirasi orang lain, maka beasiswa Chevening adalah pilihan dan kesempatan yang tepat untuk Anda," kata Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Rob Fenn dalam keterangan resminya, Selasa (2/8/2022).

Dia mengaku, tidak ada karakteristik tertentu bagi penerima beasiswa Chevening, baik dari segi usia, ras, jenis kelamin, agama, dan latar belakang.

Namun yang diinginkan adalah memiliki energi, keingintahuan, kemurahan hati, dan visi yang jelas untuk masa depan, serta kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

"Jika Anda memiliki semua itu, maka bergabunglah dengan komunitas Chevening, yang memiliki lebih dari lima puluh ribu alumni di seluruh dunia," tutur dia.

Baca juga: Kasus Meme Stupa Roy Suryo, Pakar Unair: Kebebasan Berekspresi yang Lewat Batas

Dia menambahkan, jaringan alumni beasiswa Chevening baik secara global dan Indonesia adalah komunitas yang berpengaruh dan memiliki pengalaman dalam menjalani program Chevening yang akan dijalankan saat Anda memperoleh beasiswa.

"Mereka dapat memberikan dorongan, bimbingan, saran, dan kontak. Ketika Anda kembali ke Indonesia setelah studi, Anda merasa siap untuk mulai membuat perbedaan yang nyata, secara profesional maupun kehidupan pribadi," jelas dia.

Untuk tahun 2022/2023, program beasiswa Chevening akan memberangkatkan 55 sarjana dari Indonesia untuk berangkat ke Inggris.

Kepala Beasiswa di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO), Naomi Rayner mengatakan, beasiswa Chevening berupaya membangun komunitas internasional yang terdiri dari orang-orang dengan komitmen untuk bekerja sama mendorong perubahan positif.

"Di Inggris, kami bangga dengan universitas kelas dunia. Kami tahu lingkungan belajar kami diperkaya oleh keragaman budaya, pengalaman, dan sudut pandang yang direpresentasikan di kampus kami. Penerima beasiswa Chevening memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas, serta menjadi bagian penting dari jaringan kami yang lebih dari 50.000 alumni," tutur dia.

Baca juga: Apakah Paracetamol Mengandung Virus? Ini Kata Pakar UGM

Terkait syarat dan jadwal beasiswa Chevening, maka bisa mengetahuinya seperti di bawah ini.

Persyaratan beasiswa Chevening 2023/2024

Setidaknya ada 5 syarat yang haru kamu ketahui, agar bisa mengikuti beasiswa Chevening, sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com