Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akomodasi Pemikiran Seni, IKJ Gelar Seminar Nasional "Delivering Messages Between Spaces"

Kompas.com - 07/07/2022, 16:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai rangkaian dies natalis ke-52, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar Seminar Nasional "Delivering Messages Between Spaces" pada 7 Juli 2022.

"Melalui Delivering Messages Between Spaces, IKJ mengajak seluruh akademisi dan praktisi seni untuk turut menjawab tantangan melalui pemanfaatan atas ruang fisik dan ruang virtual yang sesuai dan seimbang," jelas Indah Tjahjawulan, Rektor Institut Kesenian Jakarta dalam pembukaan seminar.

Indah mengungkapkan, seminar nasional bertujuan mengakomodasi berbagai pemikiran seni sebagai akibat adanya perubahan dan perkembangan pola dan jalur interaksi sosial masyarakat pascapandemi.

Hal ini, tambah Indah, sejalan dengan tema besar yang diusung dies natalis UNJ tahun ini “IKJ, Game Changing: Transformasi demi Perubahan”.

Lebih jauh Rektor IKJ menyampaikan, seminar nasional ini sekaligus menjadi langkah awal mengakomodasi berbagai pemikiran seni akibat perubahan dan perkembangan pola dan jalur interaksi sosial masyarakat pascapandemi saat fungsi dan peran ruang fisik diambil alih ruang virtual.

Rektor Institut Kesenian Jakarta Indah Tjahjawulan saat membuka secara resmi Seminar Nasional IKJ (7/7/2022).DOK. IKJ Rektor Institut Kesenian Jakarta Indah Tjahjawulan saat membuka secara resmi Seminar Nasional IKJ (7/7/2022).

"Kehadiran berbagai platform baru dalam distribusi seni juga menjadi satu urgensi terkait kepemilikan kekayaan intelektual.

Baca juga: Robot Rosemery UNY Raih Juara di Kontes Seni Tari 2022

Indah juga menyampaikan, berharap seminar nasional ini akan mampu memberikan pencerahan baru untuk membangun bidang seni dan berbagai fenomena kontemporer yang menjadi isu di tengah masyarakat seni dan masyarakat luas.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com