Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Kampus Internasional, PIP Makassar Kerek Kemampuan Bahasa Inggris

Kompas.com - 20/06/2022, 18:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai upaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar melakukan terobosan baru dengan meluncurkan perkampungan Bahasa Inggris "Panrita English Village" yang dipusatkan di Kampus Untia, Salodong, Makassar.

Peresmian Panrita English Village yang dilaksanakan di Wisata Mangrove PIP Makassar dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Amiruddin.

Baca juga: LTMPT Telusuri Cepat Oknum Peserta yang Sebar Soal UTBK-SBMPTN 2022

Dalam sambutannya, dia mengatakan pendidikan memegang peranan penting untuk kemajuan sebuah bangsa.

Jika pendidikan rakyatnya tertinggal, maka penduduknya pun akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan menghadapi tekanan dari dunia luar.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pemerintah mengadakan banyak program untuk menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Saya mendukung dengan adanya program ini. Kami percaya dengan adanya program ini maka akan dapat membantu pemerintah, terutama dalam sektor pendidikan dan dalam berkomunikasi bahasa Inggris," ucap dia dalam keterangannya, Senin (20/6/2022).

Dia menyatakan, saat ini memang telah memasuki era baru dan modern, untuk itu semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam berkarya dan bekerja. Terlebih dengan didukung oleh kemajuan teknologi serta sarana informasi.

Dia menyebut, tidak ada yang tidak mungkin di masa sekarang. Contohnya kota Makassar pada masa yang akan datang juga akan dihadapkan pada tantangan baru yang mungkin saja belum pernah dihadapi sebelumnya, yaitu untuk menjadi kota dunia.

Dengan kata lain, Indonesia sangat membutuhkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan dunia luar.

"Dengan hadirnya Panrita English Village yang diselenggarakan oleh PIP Makassar ini, kami yakin tujuan untuk menjadikan Makassar kota dunia bisa tercapai, bukan hanya itu, semoga program ini dapat membantu seluruh pelaut-pelaut Indonesia untuk dapat berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris," jelas dia.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno menjelaskan, program Panrita English Village ini yang telah direncanakan selama beberapa bulan dengan tujuan untuk menjadikan PIP Makassar menjadi kampus internasional.

Dia mengaku, saat ini sedang menghadapi era modern, hampir semua teknologi dan komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: PHK Massal Startup, Pakar Unair: Perusahaan Wajib Beri Pesangon

Dan sebagai pelaut profesional diperlukan kemanpuan untuk menghadapi era ini dengan cerdas, dan perlu mempersiapkan diri untuk menguasi bahasa Inggris.

Selain itu, dengan program ini diharapkan dapat mendukung Pemerintah Kota untuk mewujudkan kota Internasional yaitu Makassar Kota Dunia.

"Ada makna tersembunyi di balik kata "Panrita", yakni seseorang yang mampu, orang ahli, jiwa yang tangguh dan bermanfaat bagi orang lain. Sedangkan "English Village", yakni program yang tidak hanya untuk taruna, petugas, dan staf, tapi untuk masyarakat yang mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris," jelas dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com