Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UTBK-SBMPTN 2022 Bocor, LTMPT: Pelaku Bisa Dipidana dan Disanksi

Kompas.com - 20/06/2022, 09:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial (medsos) ramai kabar terkait bocornya soal UTBK-SBMPTN 2022. Hal itu menimbulkan keresehan, kegundahan, dan kekhawatiran bagi peserta UTBK 2022.

Adanya hal itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) angkat suara, seperti yang dilansir dari laman resmi Instagram @ltmpt, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Pakar UGM: Reshuffle Kabinet Jokowi demi Akomodasi Kepentingan Parpol

LTMPT menegaskan, selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 di gelombang 1 dan 2, dengan sejumlah 28 sesi, sama sekali tidak mengalami kebocoran soal.

"Hal ini disebabkan LTMPT telah merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesinya. Artinya, tidak ada soal UTBK-SBMPTN 2022 yang sama antarsesi," tulis akun LTMPT.

Memang beredar foto-foto soal UTBK-SBMPTN 2022 di medsos, itu karena adanya sejumlah oknum peserta UTBK yang berniat melakukan kecurangan.

Namun, LTMPT memastikan upaya kecurangan yang dimaksud tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK, sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022.

Lanjut LTMPT menegaskan, peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang terbukti melakukan kecurangn pasti akan diberikan sanksi tegas.

Terhadap berbagai dugaan pelanggaran atau kecurangan, baik yang bersumber dari berita acara pelaksaan ujian (BAPU), sistem UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat, termasuk informasi yang beredar di medsos, dan analisis kecurangan, maka LTMPT akan melakukan proses pendalaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti yang tersedia.

Peserta dan oknum yang terlibat dalam kecurangan, sebut LTMPT, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Baik sesuai sanksi administrasi maupun pidana.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Seleksi Mandiri S1, Daftar di Sini

Asal tahu saja, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 digelar selama 2 gelombang di 74 pusat UTBK.

Gelombang pertama pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Cara mengecek hasil pengumuman UTBK-SBMPTN 2022

Bagi calon mahasiswa yang akan mengecek pengumuman UTBK-SBMPTN 2022, maka bisa mengakses laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Ada beberapa cara yang bisa diikuti, yakni:

1. Masuk ke laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau laman mirror perguruan tinggi tujuan.

2. Masukkan nomor peserta.

3. Masukkan tanggal lahir peserta.

4. Klik lihat hasil.

5. Bagi peserta yang diterima akan ditampilkan informasi sebagai berikut: nomor peserta, nama peserta, tanggal lahir peserta, nama PTN diterima, dan nama program studi diterima.

Baca juga: Ajang Puteri Indonesia 2022 Pakai Bahasa Inggris, Ini Kata Dosen Unair

6. Bagi peserta yang tidak diterima akan muncul informasi peserta dengan nama tersebut dengan nomor peserta tersebut dinyatakan tidak diterima pada UTBK-SBMPTN 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com