Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter RSA UGM Beberkan Cara Mengelola Limbah Masker

Kompas.com - 31/05/2022, 13:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski menjadi kebutuhan sehari-hari, tetapi masker medis yang sudah tak terpakai juga jadi masalah tersendiri. Yakni jika tak dikelola dengan baik.

Atau, kini penggunaan masker medis sekali pakai itu ternyata menghasilkan masalah lain yakni berupa timbulan limbah medis. Bila masalah tingginya timbulan limbah medis ini tidak dikelola dengan baik, dapat berpotensi masalah baru.

Yakni menyebabkan risiko penyebaran berbagai bakteri dan virus yang mudah menular seperti TBC, Covid-19 dan sejenisnya serta masalah lingkungan lainnya.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Anak Muda Potensi Gagal Ginjal gara-gara Suplemen

Menurut dokter umum di RSA UGM dr. Annisa Nurul Pratiwi Sudarmadi, masker medis sekali pakai utamanya terbuat dari polipropilen atau salah satu jenis plastik.

Plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai. Limbah masker yang tidak terkelola dengan baik akan berdampak terhadap ekosistem laut.

Limbah masker dapat terbawa hingga ke laut, sedangkan hewan tidak dapat membedakan mana sampah mana makanan mereka, sehingga sampah dapat tertelan oleh hewan laut.

"Banyak juga hewan terjerat tali elastis masker dalam waktu lama atau bahkan hingga menyebabkan hewan-hewan tersebut mati," ujarnya dikutip dari laman RSA UGM, Senin (30/5/2022).

Belum lagi ancaman mikroplastik, limbah masker terdegradasi menjadi mikroplastik yang dapat mencemari lingkungan dan berdampak luas hingga pada rantai makanan.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Limbah Masker Medis Jadi Bahan Organik

Per hari limbah masker ada ratusan ton

Dijelaskan, data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), timbulan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun atau B3 medis Covid-19 mencapai lebih dari 18.000 ton hingga akhir Juli 2021.

Sementara itu, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) memperkirakan rata-rata sampah medis per hari menyentuh 383 ton. Limbah yang mendominasi terutama adalah limbah masker yang menyebabkan pencemaran lingkungan, sekitar 129 miliar masker digunakan setiap bulan di dunia.

Dikatakan, masker yang digunakan oleh masyarakat, bukan termasuk kategori limbah medis yang diperlakukan seperti limbah medis di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Ini karena tidak digunakan dalam pelayanan Kesehatan atau digunakan oleh pasien Covid-19, sehingga masuk dalam kategori limbah domestik.

Namun, untuk mengurangi risiko kesehatan, diperlukan perlakuan tambahan sebelum masker tersebut dibuang. Atau butuh cara mengelola limbah masker.

Baca juga: UNS dan Beberapa Kampus Gagas Dumask, Tempat Limbah Masker Medis

Tahapan membuang limbah masker

Berikut ini tahapan yang harus diperhatikan oleh masyarakat dalam membuang masker, yaitu:

  1. Kumpulkan masker bekas pakai pada wadah tertentu
  2. Lakukan desinfeksi dengan cara merendam masker dengan menggunakan larutan pemutih/desinfektan
  3. Robek masker sehingga tidak dapat digunakan ulang
  4. Buang ke tempat sampah domestik
  5. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

Penanganan masker bekas pasien isolasi mandiri di rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com