Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Jurusan Astronomi ITB? Ini Prospek Kerjanya

Kompas.com - 31/05/2022, 11:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022 untuk jalur SBMPTN 2022 masih berjalan. Apalagi nanti masih ada jalur seleksi mandiri.

Bagi yang tertarik kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), khususnya Jurusan Astronomi, maka harus memahami seluk beluk dari jurusan kuliah tersebut.

Ternyata, Jurusan Astronomi atau program studi ini adalah salah satu jurusan kuliah yang sepi peminatnya.

Baca juga: 3 Mahasiswa ITB Beri Tips Lolos Beasiswa IISMA

Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, berikut penjelasan serta prospek kerja Jurusan Astronomi ITB.

Tentang astronomi

Melansir laman ITB, Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Apakah Astronomi sama dengan astrologi? Ternyata ini salah.

Astronomi memang mempelajari benda langit tapi bukan untuk meramal keuangan apalagi cinta. Astronomi berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

Secara garis besar, Astronomi memakai ilmu matematika dan fisika agar segala peristiwa yang terjadi di ruang angkasa tidak hanya dapat diamati tapi juga dapat dimengerti dan dimodelkan.

Selain matematika dan fisika, pengembangan perangkat lunak, pemrograman, analisis model, dan statistika juga digunakan dan dilakukan di sini.

Adapun Jurusan Astronomi terdiri atas tiga bidang keahlian, yakni:

Baca juga: Pakar ITB Beberkan Alasan Kenapa Tikus Jadi Bahan Percobaan

Untuk proses perkuliahannya, calon mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti pada:

  • Kuliah Lintasan Satelit yang lebih mengarah pada Astronautika
  • Pengantar Instrumentasi Astronomi yang memperkenalkan kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi
  • Sistem Kalender yang nantinya dapat digunakan juga untuk penentuan hilal, yaitu penentuan awal bulan pada sistem penanggalan Islam.

Sementara itu, di bidang Tata Surya, kamu akan mempelajari sistem tata surya beserta ”anggota keluarga”-nya. Termasuk juga diantaranya adalah planet, asteroid, planet kerdil, dan lain-lain.

Dari pengetahuan tentang planet dapat diturunkan lagi ilmu-ilmu lain, diantaranya komposisi atmosfer planet dan satelit-satelitnya, hingga pencarian planet-planet di luar tata surya yang bisa dihuni.

Pada bidang Fisika Bintang kita mempelajari evolusi bintang, bagaimana bintang terbentuk dari lahir hingga mati, serta bagaimana spektrum bintang. Galaksi dan Kosmologi mencakup komposisi dan bentuk galaksi, materi antar bintang, quark hingga pengembangan alam semesta.

Baca juga: Berhadiah Teleskop, Itera Adakan Lomba Cerdas Cermat Astronomi

Tak hanya itu saja, proses perkuliahan di Program Studi Astronomi ITB juga didukung oleh keberadaan Oservatorium Bosscha sebagai laboratorium Astronomi yang sudah berdiri sejak 1928.

Apakah sudah paham? Jika sudah, ayo kita lihat prospek kerja Jurusan Astronomi:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com