Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Ingin Cari Beasiswa Kuliah? Bisa Gabung di Komunitas Beasiswa

Kompas.com - 31/05/2022, 11:04 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahun, ada ribuan calon mahasiswa Indonesia yang mengajukan beasiswa untuk belajar di luar negeri.

Tahun 2021, sebanyak 63.060 orang mendaftarkan akunnya di situs web Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP Indonesia sendiri membuka pendaftarannya di bulan Juli setiap tahunnya.

Selain LPDP, Chevening Award yang diselenggarakan oleh Foreign, Commonwealth, and Development Office Britania Raya juga menjadi program beasiswa yang paling populer di Indonesia. Chevening Awards akan dibuka pendaftarannya pada Agustus 2022.

Tak ketinggalan, beasiswa Fulbright yang diadakan oleh AMINEF dengan pembiayaan penuh juga amat diminati.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Mempersiapkan pendaftaran beasiswa bisa dibilang bukan proses yang cepat dan mudah, karena kamu harus menyiapkan banyak persyaratan hingga pendaftaran universitas yang ingin dituju.

Sebagai cara untuk memastikan proses persiapan beasiswa sesuai tenggat waktu, kamu bisa bergabung di komunitas yang akan saling mengingatkan dan mendukung selama proses pendaftaran beasiswa berlangsung.

Guna memberikan wadah bagi sesama pencari beasiswa, Telegram membuka ruang komunitas beasiswa agar perjalanan pendaftaran beasiswamu semakin lancar.

Berikut sejumlah manfaat bergabung di komunitas beasiswa:

1. Bertemu pejuang beasiswa lainnya

Bergabung dengan komunitas dapat memberikan berbagai manfaat dalam pengajuan beasiswa.

Kamu tidak hanya dapat bertemu dengan sesama penjuang beasiswa yang juga sedang menjalani proses pendaftaran beasiswa mereka, kamu juga dapat menemukan orang-orang yang mendaftar ke universitas dan bahkan jurusan yang sama.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Kamu juga dapat saling bertanya mengenai tips menulis esai, mempersiapkan wawancara, dan saling mengingatkan tentang tenggat waktu pendaftaran.

Demi keamanan data pribadi, Telegram memastikan nomor teleponmu tidak akan terlihat oleh orang yang tidak terdaftar dalam kontak pribadi.

Kamu bahkan dapat mengubah pengaturan ini untuk keamanan maksimum sehingga tidak ada orang yang dapat melihat nomor teleponmu.

2. Ruang diskusi beasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com