Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor IPB: 7 Nilai yang Harus Dipegang oleh Pengajar

Kompas.com - 11/05/2022, 10:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University menggelar Halalbihalal 1443 H di IPB International Convention Center, Bogor, pada Senin (10/5/2022).

Halalbihalal digelar secara hybrid dan disiarkan secara live streaming melalui YouTube channel IPB TV.

Baca juga: Ada Hepatitis Misterius, Ini Cara Cegahnya dari Pakar Unpad

Dalam sambutannya, Rektor IPB, Prof. Arif Satria mengatakan, suasana kesucian, kejernihan kebeningan hati, dan kebersihan jiwa adalah sesuatu yang harus didapatkan dan akan terus berulang.

"Proses ikhtiar adalah modal untuk menghadapi kehidupan yang butuh respon penuh dengan kecepatan kompleksitas agar kita terus berada dalam rel kemajuan," kata dia melansir laman IPB, Rabu (11/5/2022).

Prof. Arif mengungkapkan, nilai-nilai penting yang harus dipegang sebagai pembelajar (pengajar) yang pertama adalah iqra (bacalah).

"Membaca di sini adalah membaca teks, tetapi harus dimaknai dengan berbagai perspektif karena kita dituntut untuk mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam teks dan memahami konteks yang selalu dinamis dan berkembang," jelas dia.

Kedua, nilai yang berorientasi pada masa depan.

Dia menerangkan, masa depan ini adalah bagian dari ikhtiar untuk terus bergerak maju serta memahami dorongan kemajuan orientasi masa depan dunia dan akhirat.

"Semakin kita sukses di dunia untuk memberikan manfaat kemaslahatan untuk umat. Artinya kita mensyukuri nikmat Allah atas nikmat kehidupan, akal, kemerdekaan dan iman," jelas dia.

Baca juga: Sering Mendengkur? Ini Kata Dokter PLK Unair

Nilai ketiga, yaitu orientasi waktu dan kualitas kerja.

Prof. Arif Satria mengatakan, kualitas kerja yang baik merupakan syarat untuk mendapatkan kehidupan yang baik.

Dia menyebut, kualitas kerja yang baik perlu pemanfaatan waktu yang baik.

Nilai keempat adalah menginspirasi dan kolaborasi.

Prof. Arif mengatakan, sebuah modal penting untuk menghadapi era ketidakpastian dan kompleksitas adalah kolaborasi. Pasalnya, manusia tidak bisa hidup bergantung pada diri sendiri.

Nilai kelima, yaitu integritas. Prof. Arif menjelaskan, sifat shiddiq adalah sifat yang berkaitan tentang kejujuran dan integritas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com