Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakorda 2022, LLDikti Jakarta Umumkan 11 Kategori Perguruan Tinggi Terbaik

Kompas.com - 26/04/2022, 15:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Provinsi DKI Jakarta menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama pimpinan perguruan tinggi di Jakarta mengangkat tema“Kampus Merdeka dari Jakarta untuk Indonesia” (21/4/2022).

Sebagai informasi, LLDikti Jakarta saat ini menaungi 297 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), 1.878 Program Studi, 23.838 Dosen Tetap, dan 640.471 Mahasiswa serta 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kepala LLDikti Jakarta Paristiyanti Nurwardani dalam sambutan menyampaikan, pihaknya mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III untuk terus meningkatkan kualitas melalui 8 indikator kinerja utama (IKU).

"Dalam rangka mencetak lulusan pendidikan tinggi yang dapat diserap secara optimal oleh dunia usaha dan industri, kami akan terus mendorong perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dalam peningkatan mutu melalui 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Paristiyanti.

Paris juga menyampaikan komitmen LLDikti Jakarta untuk menetapkan strategi dan inovasi layanan agar perguruan tinggi di lingkungannya dapat memperoleh akreditasi unggul agar dapat menginspirasi universitas lain di Indonesia.

“Kami banyak melakukan modifikasi anggaran terutama untuk kegiatan fasilitasi seperti bimbingan teknis bagi perguruan tinggi yang akreditasinya masih C, pelatihan PEKERTI untuk dosen, peningkatan kualitas jurnal dan sebagainya dalam bentuk klinik-klinik," jelas Paris.

Dalam Rakorda LLDikti Jakarta mengemuka, pendidikan tinggi merupakan penghasil sumber daya manusia handal.

Mengingat angka partisipasi kasar pendidikan tinggi masih berkisar 31 persen, program-program seperti KIP Kuliah, kolaborasi antar perguruan tinggi dan industri dapat menjadi solusi.

Diharapkan melalui pendanaan pendidikan tinggi seperti Matching Fund dan Competitive Fund dapat menjadi asupan semangat baru bagi perguruan tinggi, terutama dalam menghasilkan publikasi penelitian yang berkualitas.

Baca juga: Wisuda Ukrida 2022, Kepala LLDikti Jakarta: Gerbang Memenangkan Masa Depan

Dalam hal sumber daya, diharapkan perguruan tinggi dapat meningkatkan terus kualifikasi akademik dosen, kinerja tridharma perguruan tinggi, kompetensi, komitmen dan etika akademik.

Selain itu, disampaikan juga mengenai kewajiban perguruan tinggi dalam hal pengurusan akreditasi dalam penjaminan mutunya secara berkelanjutan dan konsisten.

11 Kategori Penghargaan LLDikti 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com