Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2022, 14:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) khususnya di Muhammadiyah atau Aisyiyah, maka bisa mencoba jalur ini.

Yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah (SBMPTMu) yang kembali dibuka untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Melansir laman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (23/4/2022), SBMPTMu merupakan sistem terpadu seleksi bersama untuk menjadi mahasiswa baru Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia.

Baca juga: Perbedaan PTN dan PTS, Calon Mahasiswa Wajib Paham

Tahun ini, pelaksanaan SBMPTMu memasuki tahun ke-5 setelah sebelumnya diresmikan pada 2018 lalu.

Bawa akselerasi kemajuan PTMA

Pada webinar “Satu SBMPTMu Untuk Indonesia”, Sabtu (23/4/2022), Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memberikan penjelasannya.

Yakni diadakannya program SBMPTMu sebagai ikhtiar seluruh PTMA yang akan membawa pada akselerasi kemajuan PTMA di tengah kerasnya era perubahan dan persaingan.

Selain itu, seleksi ini juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya.

"Seluruh PTMA di Indonesia mengembangkan program ini sebagai ikhtiar untuk setidak-tidaknya 3 hal akan kita capai bersama," ujarnya.

1. Melalui SBMPTMu akan semakin meningkatkan kerjasama, sinergi, dan maju bersama.

2. PTMA mampu memperoleh input sumber daya untuk pembelajaran, memperoleh mahasiswa yang berpotensi baik dan terbaik. Sehingga akan lebih memudahkan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik di tengah era persaingan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Perbedaan Statistika dan Sains Aktuaria ITS

3. Semua orang warga bangsa yang belajar di PTMA akan memperoleh akses yang sama, peluang yang terbuka, keleluasaan tanpa terhalang oleh geografis dan segala kondisi yang selama ini membatasi.

Tak kalah dengan kampus negeri

Sementara Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Dr. Sungkowo Mudjiamono, M.Si., menyatakan bahwa tujuan diadakannya SBMPTMu untuk mencari bibit-bibit calon mahasiswa berpotensi untuk menjadi subjek di PTMA yang dipilih.

Menurutnya, pada saat ini PTMA memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Baik dari sisi pembelajaran maupun fasilitas. Sehingga kemajuan PTMA dapat menjadi pertimbangan kuat untuk memilih PTMA sebagai pilihan studi lanjut.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Sistem Informasi

"Kami melihat bahwa PTMA sudah setara dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bahkan ada yang sudah menjadi sekolah tinggi swasta nomor 6 di ASEAN yang artinya PTMA semakin maju," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com