Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Persiapkan 6 Hal Ini Saat Pilih Jurusan Bahasa Inggris

Kompas.com - 17/04/2022, 13:19 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri kemampuan berbahasa asing sangat menunjang dalam proses mencari kerja.

Bahkan saat ini banyak perusahaan yang mencari calon karyawan dengan keahlian khusus terutama di bidang penguasaan bahasa asing.

Jika kamu ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, banyak program studi (prodi) atau jurusan yang memperdalam ilmu bahasa Inggris bisa dipilih di perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik memilih jurusan Sastra atau Bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Mengutip dari laman Quipper Campus, Minggu (17/4/2022), berikut ini persiapan yang perlu dilakukan jika ingin memilih prodi berkaitan dengan bahasa Inggris di perguruan tinggi.

Baca juga: Intip Kisaran Biaya Kuliah di Malaysia, untuk Makan hingga Akomodasi

Persiapan kuliah di bidang bahasa Inggris

1. Memiliki niat yang kuat untuk belajar

Niat belajar menjadi hal mutlak untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Meski kemampuanmu bahasa Inggris belum terlalu bagus, asal punya niat belajar tinggi, tentu kemampuanmu akan meningkat tajam setelah memilih prodi Sastra Inggris atau Bahasa Inggris.

2. Menyukai bahasa Inggris

Jika kamu termasuk siswa yang sudah suka dengan bahasa Inggris sejak duduk di bangku sekolah, memperdalam ilmu bahasa Inggris menjadi suatu kesenangan tersendiri.

Dengan modal rasa senang ini kamu akan lebih bersemangat mempelajari bahasa Inggris. Selain itu siswa juga akan menikmati setiap perkuliahan dan materi yang disampaikan dosen.

Baca juga: Dosen UGM Sebut Tekanan Akibat Pandemi Covid-19 Picu Aksi Klitih

3. Banyak membaca

Bagi kamu yang pada dasarnya gemar membaca, hal tersebut bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara mandiri.

Kegemaran membaca tersebut bisa diarahkan untuk banyak membaca buku dalam bahasa Inggris. Dengan membaca kamu juga menyerap banyak kosakata baru atau contoh-contoh kalimat.

Memahami banyak kosakata dan contoh kalimat adalah modal utama bahasa Inggris. Selanjutnya, butuh usaha lagi untuk memahami arti dan mempelajari struktur kalimat yang benar.

4. Banyak menonton film dengan dialog bahasa Inggris

Kamu juga bisa menambah wawasan bahasa Inggris dengan menonton film berbahasa Inggris. Kegiatan ini menjadi sarana yang menyenangkan untuk melatih kemampuan listening.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com