Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di SNMPTN 2022, Sebanyak 23.312 Siswa Mendaftar Universitas Jember

Kompas.com - 25/03/2022, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, jumlah pendaftar di Universitas Jember (Unej) ada sebanyak 23.312 siswa.

Jumlah itu meningkat dibanding SNMPTN 2021 dengan jumlah pendaftar ada 22.531 siswa. Hal itu disampaikan oleh Prof. Slamin selaku Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unej, (22/3/2022).

"Peserta SNMPTN 2022 di Universitas Jember meningkat sebesar 3,5 persen," ujarnya seperti dikutip dari laman Unej, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: 7 Politeknik Terakreditasi A di Indonesia, Info bagi Calon Mahasiswa

"Fakta ini membuktikan bahwa Universitas Jember masih menjadi pilihan bagi banyak siswa terutama di wilayah Jawa Timur, bahkan bagi siswa dari luar pulau Jawa," jelas Prof. Slamin.

Dia kemudian menjelaskan data lima besar provinsi asal siswa yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember.

Adapun siswa dari Jawa Timur masih mendominasi dengan 14.058 siswa, disusul siswa dari provinsi Jawa Tengah dengan 499 siswa dan provinsi Jawa Barat yang menyumbangkan 309 siswa.

Sementara posisi keempat ditempati siswa dari provinsi Sumatera Utara dengan 180 siswa dan Provinsi Bali dengan 122 siswa.

Menurutnya, peningkatan pendaftar di Universitas Jember melalui jalur SNMPTN dimungkinkan karena banyak program studi di Universitas Jember yang status akreditasinya sudah meningkat.

Baca juga: Perbedaan Vokasi dan Sarjana, Calon Mahasiswa Sudah Paham?

Faktor lainnya, Universitas Jember tetap melaksanakan sosialisasi dan promosi walaupun masih di masa pandemi Covid-19.

"Namun tentu saja bentuk sosialisasi dan promosi yang kami lakukan lebih banyak dalam bentuk daring," tuturnya.

Ia memberikan contoh kegiatan webinar sosialisasi tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 dan promosi Universitas Jember dilaksanakan dengan menggandeng Musyawarah Guru Bimbingan Konseling di berbagai kota di Jawa Timur.

Termasuk melayani permohonan banyak sekolah yang meminta Unej memberikan penjelasan secara langsung mengenai dunia pendidikan tinggi kepada siswanya secara daring.

Universitas Jember sendiri merencanakan menerima 2.372 mahasiswa baru tahun angkatan 2022 dari jalur SNMPTN.

Guru besar di Fakultas Ilmu Komputer ini mengingatkan agar siswa yang nantinya di terima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) termasuk di Universitas Jember maka wajib melakukan daftar ulang.

Sebab, bagi siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN 2022 dipastikan tidak bisa mendaftarkan diri ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sesuai rencana, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil SNMPTN pada 29 Maret 2022 nanti.

Baca juga: Cara Membuat CV untuk Beasiswa Kuliah, Calon Mahasiswa Simak

Ia berharap semua siswa yang sudah dinyatakan diterima di jalur SNMPTN 2022 segera melaksanakan daftar ulang.

"Manfaatkan kesempatan emas untuk kuliah di perguruan tinggi sebaik-baiknya, sebab ada ribuan rekan Anda yang ingin kuliah di PTN namun gagal lolos seleksi," tandas Prof. Slamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com