Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Efektif Kuasai Materi UTBK SBMPTN 2022, Siswa Harus Tahu

Kompas.com - 14/03/2022, 16:21 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan berlangsung dua bulan lagi, tepatnya pada 17-23 Mei 2022 untuk Gelombang 1 dan 28 Mei-03 Juni 2022 untuk Gelombang 2.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Materi UTBK 2022 terbagi menjadi 3 bagian, yakni Tes Potensi Skolastik (TPA), Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum dengan rincian:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi 195 menit.
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi 195 menit.
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi 195 menit.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Artinya, bagi siswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022, hanya tersisa waktu 2 bulan lagi untuk menguasai semua materi sesuai dengan kelompok Ujian UTBK yang dipilih.

Dimulai dari diri sendiri

Bisma Adilaga selaku Kepala divisi UTBK dari Rajin.id, platform penyedia ujian online untuk persiapan UTBK, ujian masuk Universitas dam instansi kedinasan, memberikan sejumlah kiat belajar untuk menguasai materi UTBK 2022.

Menurut Bisma, ada 2 faktor yang perlu diperhatikan dalam proses belajar UTBK, yakni diri sendiri dan strategi.

"Mengapa kita perlu memulai sesuatu dari diri sendiri? Jawabannya karena itu awal suatu tindakan dimulai dan fondasi kegiatan tersebut," paparnya kepada Kompas.com.

Ia mengatakan, calon mahasiswa harus benar-benar mengetahui apa tujuan mengikuti UTBK, ambisi ke depan, kekuatan yang dimiliki diri sendiri dan alasan mengapa ingin lolos UTBK.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri

"Pertanyaan-pertanyaan ini yang perlu kamu cari tahu terlebih dahulu. Dalam menghadapi UTBK 2022 nanti, perlu kekuatan mental yang kokoh dari diri kamu sendiri," ujarnya.

Selanjutnya, kamu bisa meminta saran, rekomendasi dan semangat dari orang tua atau kerabat serta guru.

"Karena terkadang orang luar lebih tau potensi kamu dari kamu sendiri, hal itu lumrah bagi yang belum menyadari kemampuannya yang sebenarnya. Maka dengan ini kamu akan mendapatkan “booster” kepercayaan diri kamu untuk menghadapi berbagai uijan nanti," imbuh Bisma.

Strategi kuasai materi UTBK

Setelah siap mental hadapi UTBK SBMPTN 2022, maka saatnya mengatur strategi untuk menguasai materi UTBK.

"Walaupun kamu sudah merasa sudah siap mental dalam menghadapi UTBK namun tanpa strategi bagaikan prajurit bermental baja masuk ke medan perang namun lupa akan senjatanya," papar Bisma.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

1. Ketahuilah mapel apa yang kamu kuasai atau sukai

Kamu dapat memulai menyusun waktu belajar kamu dari mapel yang mudah (disukai) ke sulit (kurang disukai). Karena mulai belajar dari mapel yang mudah akan memberikan “tambalan” semangat untuk mengerjakan mapel sulit. Namun, bisa juga sebaliknya.

"Namun, ingat untuk prioritaskan waktu khusus untuk mapel sulit (belum dikuasai) untuk mengejar ketertinggalan kamu dan ini perlu kekonsistenan kamu setiap harinya," saran Bisma.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com