Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPN Jogja-MSLU Sepakat Dirikan Pusat Bahasa dan Budaya Indonesia-Belarus

Kompas.com - 15/01/2022, 14:40 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Hubungan bilateral Indonesia dan Republik Belarus tetap terjaga baik. Bahkan kerja sama internasional terus ditingkatkan melalui bidang pendidikan.

Seperti halnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus memperluas kerja sama internasional, UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja) sepakati kerja sama dengan Minsk State Linguistic University (MSLU) di Minsk, Belarus.

Kesepakatan kerja sama antar universitas tersebut diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (cooperation agreement) oleh kedua Rektor dalam upacara virtual yang diselenggarakan pada Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Webinar FISIP UPN Jogja: Pemuda Agen Ketahanan Nasional

Dalam sambutannya, Rektor UPN Jogja, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi mengatakan, kerja sama ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut kerja sama antara kedua negara di bidang pendidikan yang dituangkan dalam MoU antara kementerian pendidikan kedua negara yang ditandatangani 14 November 2018.

Dukung Kampus Merdeka

Menurut Prof. Irhas, kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program yang akan dilaksanakan oleh kedua universitas. Program-program yang akan dikembangkan di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan dan promosi bahasa kedua negara.

"Program ini dikembangkan oleh UPN Veteran Yogyakarta dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek," ujar Rektor Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi dalam keterangan tertulis yang disampaikan KBRI Moskow, Sabtu (15/1/2022).

Karena itu sebagai tindak lanjutnya, Departemen Hubungan Internasional FISIP UPN Jogja akan menjadi focal point pelaksanaan berbagai program kerja dan plan of action perjanjian kerja sama dengan MSLU, termasuk menjadi tuan rumah Pusat Bahasa dan Budaya Belarus di Indonesia.

Sementara Rektor MSLU, Natalja Laptseva menyampaikan ungkapan kegembiraan atas kesepakatan yang berhasil diresmikan dan ditandatangani. Tentu, ini akan menjadi jembatan yang sangat baik bagi akademisi dan mahasiswa kedua universitas.

"Terutama untuk meningkatkan kualitas dan jejaring internasional serta mengenal lebih dekat berbagai potensi Indonesia melalui kebudayaaan serta pembelajaran Bahasa Indonesia," ujar Rektor Laptseva.

Baca juga: Webinar UPN Jogja Beberkan 5 Tips Bangun Bisnis

Tindak lanjut MSLU

Guna menindaklanjuti pelaksanaan kerja sama, Rektor Laptseva menyampaikan komitmen universitas yang dipimpinnya melaksanakan berbagai plan of action yaitu:

  • Memfasilitasi pendirian Pusat Bahasa dan Budaya Indonesia (Indonesian Language and Culture Center)
  • Pengajaran Bahasa Indonesia
  • Penyelenggaraan event budaya Indonesia di MSLU
  • Fasilitasi pengajaran Bahasa Rusia atau bahasa asing lainnya
  • Pertukaran budaya Belarus kepada mahasiswa UPNVY (UPN Jogja)

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Jose Tavares menggarisbawahi arti penting kerja sama yang disepakati antar kedua universitas terhadap pengembangan kapasitas dan kualitas para mahasiswa.

"Diharapkan dapat membantu kedua perguruan tinggi untuk berbagi sumber daya dan keunggulan demi kemajuan bersama," ungkap Jose Tavares.

Selain itu, Dubes Tavares juga menyatakan bahwa melalui berbagai program kolaborasi dan pertukaran yang akan dikembangkan bersama ke depannya, para mahasiswa kedua universitas akan memperoleh akses untuk memperluas perspektif global.

"Akses untuk memperluas perspektif global merupakan manfaat yang tidak dapat diperoleh melalui sekedar pembelajaran di kelas," imbuhnya.

Tingkatkan kualitas pendidikan

Sedangkan pejabat diplomat Kedubes Belarus di Jakarta, Viktor Borisyonok yang mewakili Duta Besar Republik Belarus untuk RI, Valery Kolesnik mengatakan, kerja sama ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan.

Namun terpenting, pelaksanaan kerja sama MSLU dan UPN Jogja akan semakin meningkatkan interaksi dan pemahaman people-to-people masyarakat kedua negara.

"Kedubes Belarus berharap melalui payung kerja sama, kedua universitas dapat mengembangkan berbagai project kolaborasi bersama yang saling menguntungkan di masa mendatang," tambah Borisyonok.

Baca juga: LPPM UPN Jogja Berhasil Daftarkan 190 Hak Cipta

Penandatanganan kerja sama "U-to-U" antara UPN Jogja dan MSLU dengan ruang lingkup kerja sama pendirian Pusat Bahasa dan Budaya Indonesia (Indonesian Language and Culture Center) serta pendidikan merupakan pionir dan yang pertama dengan mitra universitas baik di Belarus maupun di kawasan Eropa Timur.

Tentunya, keberhasilan kesepakatan dan penandatanganan kerja sama antara FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta dan MSLU tidak terlepas dari upaya dan dukungan penuh KBRI Moskow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com