Kompas.com - 28/11/2021, 06:07 WIB
Tangkapan layar webinar bertajuk Indonesia Emas 2045: Pemuda Agen Ketahanan Nasional yang digelar FISIP UPN ?veteran? Yogyakarta (UPN Jogja), Sabtu (27/11/2021). DOK.Panitia Webinar FISIP UPN JogjaTangkapan layar webinar bertajuk Indonesia Emas 2045: Pemuda Agen Ketahanan Nasional yang digelar FISIP UPN ?veteran? Yogyakarta (UPN Jogja), Sabtu (27/11/2021).
|

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) menggelar webinar, Sabtu (27/11/2021).

Webinar bertajuk Indonesia Emas 2045: Pemuda Agen Ketahanan Nasional ini membahas mengenai kontribusi pemuda dalam memperkuat ketahanan nasional Indonesia.

Salah satu narasumber, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, GKR Bendara mengemukakan pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UKKM) menjadi sektor yang berperan penting dalam ketahanan nasional. Sektor ini, membantu memupuk rasa bangga terhadap negara.

Baca juga: Webinar UPN Jogja Beberkan 5 Tips Bangun Bisnis

"Misalnya museum yang sering dipandang sebelah mata. Di Indonesia museum dianggap minoritas, sebagai objek wisata sekolah," ujar GKR Bendara.

"Padahal museum adalah ujung tombak dalam memperkenalkan sejarah dan jati diri. Ujung tombak ketahanan nasional," paparnya lagi.

Pelaku wisata di DIY adalah pemuda

Terkait pemuda, GKR Bendara mengatakan bahwa pelaku pariwisata saat ini, khususnya wilayah Yogyakarta adalah anak muda usia 16-35 tahun. Seperti halnya kemunculan berbagai desa wisata mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

"Seluruh desa wisata diwajibkan memiliki UMKM dari daerah itu sendiri. Sumber daya manusia juga dari daerah itu sendiri yang diasah skill-nya. Dengan demikian rasa memiliki di desa-desa wisata tumbuh dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, narasumber dari Kementerian Pertahanan RI Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy mengangkat tema ketahanan nasional, bela negara, dan pemuda.

Dia mengutarakan untuk mengatasi berbagai ancaman terhadap kedaulatan negara bukan saja tugas utama TNI tetapi seluruh warga negara Indonesia.

Dijelaskan, konsep bela negara sudah ada sejak lama hanya saja sempat meredup dan saat ini kembali banyak dibicarakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.