Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka FIKSI 2021, Sandiaga Uno Ajak Siswa Jadi Garda Depan Ekonomi lewat Wirausaha

Kompas.com - 12/10/2021, 12:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Generasi muda dengan jiwa entrepenuer diyakini mampu menjadi daya ungkit perekonomian agar Indonesia menjadi pemain utama ekonomi dunia tahun 2045. Atas dasar itu, Puspresnas menggelar Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021.

FIKSI merupakan kompetisi kewirausahaan siswa yang digagas Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Pelajar Pancasila yang kreatif dan mandiri melalui penanaman jiwa dan karakter wirausaha/enterpreneur.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam sambutan pembukaan FIKSI 2021 yang dilaksanakan secara daring (12/10/2021) menyampaikan pesan agar para siswa harus mampu menyikapi perkembangan dengan tepat.

"Generasi saat ini harus maju, untuk itu kalian harus paham apa itu entrepreneurship karena pasar kita terus berkembang sampai tahun 2045," ungkap Sandiaga Uno.

"Perkembangan dunia yang bergerak dengan cepat harus disikapi dengan sikap yang tepat. Hanya generasi yang berjiwa entrepreneur lah yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang tersebut," tegasnya.

Ia juga menegaskan kembali, generasi muda akan menjadi garda depan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

"Kalian adalah generasi yang memiliki mindset adaptif dan kemampuan mempelajari hal baru secara cepat, kalian adalah generasi yang melaju dengan era disruptif yang begitu cepat mengalami perubahan," ujar Sandiaga.

Baca juga: Eldest 2021, Ajang SMA LabSchool Jakarta Menguatkan Semangat Wirausaha Siswa

"Kalian adalah generasi yang sangat cocok dengan ekosistem start up. Kreativitas kalian ke depannya diharapkan mampu mendorong transformasi ekonomi Indonesia. Dan FIKSI akan menjadi langkah awal kalian berkarya, berkreasi, berinovasi, dan berwirausaha," pungkasnya.

Ia juga berpesan agar siswa terus melakukan apa yang menjadi kecintaan mereka selama ini.

"Do what your love and love what you do, terus temukan hal-hal yang kalian cintai. Kalau sudah menemukannya, lakukan itu maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati, dan hasilnya pasti akan maksimal," pesan Sandiaga Uno.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com