Kompas.com - 26/09/2021, 11:43 WIB

KOMPAS.com - SMA Labschool Jakarta berbagi inspirasi bahwa masa pandemi bukan menjadi halangan untuk terus mengembangkan diri, termasuk memperkuat kompetensi berwirausaha. Penguatan kewirausahaan siswa, salah satunya dilakukan melalui Entrepreneur Labs Day Challengest (Eldest).

Memasuki tahun ke-9 Eldest menggelar open webinar bertema “Utilizing Online Platforms To Create Business Opportunities In An Era Of Uncertainties” melalui Zoom pada Jumat, 24 September 2021.

Acara menghadirkan beberapa narasumber yakni; Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM), Siti Azizah (Deputi Kewirausahaan Kemenkop dan UKM), Rifadi Ilham (Founder Tjikini Lima), Kayla Shabia (Founder Chugiwear), dan Bernhard Suryaningrat (Founder Nevertoolavish).

“Webinar Eldest ini penting untuk memberikan wawasan kewirausahaan dan praktik langsung ke siswa di sekolah," ungkap Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk penyiapan generasi kita menghadapi era ke depan, di mana ke depan tantangan semakin besar dan perubahan begitu cepat terjadi,” tambah Suparno.

Kegiatan Eldest merupakan ajang kewirausahaan di mana kegiatan ini wajib diikuti seluruh siswa kelas 12 SMA Labschool Jakarta.

Kegiatan diawali dengan proses perencanaan usaha, pembekalan, pemasaran, hingga berpuncak pada market day. Tidak kalah menarik, Eldest tahun ini akan diadakan secara online dengan mengedepankan teknologi sebagai alat pemasaran di era pandemi.

Baca juga: Webinar UAD: Ini Tips Menjadi Wirausaha Muda

Meningkatkan rasio wirausahawan muda

“Kegiatan Eldest ini sejalan dengan program kerja kementerian dalam mendorong rasio kewirausahaan Indonesia dari 3,7 menjadi 3,95 persen," ungkap Teten Masduki dalam pemaparannya.

Ia menyampaikan, Indonesia termasuk negara dengan rasio paling rendah di dunia karena masih kurang dari 4 persen dan belum dapat disebut negara maju karenanya.

"Bahkan di era pandemi ini, survei terbaru per September 2021 45,2 persen UMKM Indonesia beroperasi penuh, 30,9 persen membuka usaha sebagian, sedangkan 20 persen sisanya menutup usaha,” ujar Menkop UMKM.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.