Kompas.com - 26/09/2021, 11:33 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Wartawan senior, Mohammad Nasir memandang dunia pers berperan penting dalam membangun pendidikan yang berkualitas.

Pernyataan itu disampaikan Nasir, dalam acara program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) Gelombang III, seperti diberitakan Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Dunia Pendidikan Bangun Kehidupan Bangsa

"Lewat penyebaran informasi dari berbagai arah dalam dunia pendidikan, memberi penerangan informasi yang baik, dorongan semangat, dan kritik yang membangun, bisa menjadikan pendidikan yang berkualitas," ucap dia.

Dia mengatakan, media akan menjadi sarana penyampaian informasi berbagai hal terkait pendidikan.

Selain itu, media bisa menjadi perkembangan dan kebudayaan global ke Indonesia, serta mempengaruhi semua peserta didik di jenjang pendidikan.

"Ketika ingin meraih eksistensi, kita sebagai wartawan pendidikan, tulis berita tentang pendidikan sebanyak mungkin, baik berita langsung, feature hingga yang mendalam," tegas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat ingin menulis, sebut dia, harus sesuai tema yang sedang banyak dibicarakan kalangan publik.

"Jadi pers nantinya bisa menyampaikan informasi dari luar maupun dalam pendidikan, termasuk pencapaian bidang pendidikan yang telah dicapai pemerintah," tegas dia.

Pedoman jadi jurnalisme pendidikan

Direktur Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP), Nurcholis MA Basyari menerangkan, kalangan pers pun harus mengenal dan mematuhi pedoman dalam menulis artikel atau berita yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Baca juga: Mendikbud Ristek: PTM Terbatas Amanah Presiden Jokowi

Sebab, kalangan pers memiliki peran dalam penguatan pilar demokrasi Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.