Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gelar Virtual Job Fair Oktober 2021 untuk Umum, Siapkan CV

Kompas.com - 11/10/2021, 14:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui Pusat Pengembangan Karier (PPK) menggelar bursa kerja virtual atau Virtual Job Fair mulai September hingga Oktober 2021.

Selain menyajikan informasi lowongan kerja dan kesempatan magang di berbagai perusahaan, acara ini juga memberikan informasi beasiswa dan prosedur studi di luar negeri.

Kepala PPK Unpad, Rosaria Mita Amalia berharap kegiatan ini turut serta berdampak pada peningkatan serapan lulusan, baik untuk alumni Unpad, Kota Bandung, Jawa Barat, maupun nasional.

“Kami berharap kegiatan ini turut serta berdampak pada peningkatan serapan lulusan, baik untuk alumni Unpad, Kota Bandung, Jawa Barat, maupun nasional karena kegiatan ini terbuka untuk umum,” kata Rosaria seperti dirangkum dari laman Unpad, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Bank BCA Buka 9 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2

Jumlah pengangguran meningkat selama pandemi

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung Arief Syaifudin mengatakan bahwa jumlah pengangguran terbuka di Kota Bandung meningkat akibat Pandemi Covid-19, yaitu naik hingga 3 persen.

Selain itu juga terdapat masalah pengangguran yang timbul akibat bonus demografi. Untuk itu dibutuhkan suatu upaya untuk mengatasinya.

Arief pun mengapresiasi digelarnya acara Unpad Virtual Job Fair ini. Ia berharap acara ini memberikan manfaat bagi para pencari kerja, perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, serta masyarakat pada umumnya.

Dikatakan Arief, selama ini perusahaan sering mengalami kesulitan mencari sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai kebutuhan perusahaan, padahal jumlah pencari kerja sangat banyak. Di sisi lain, para pencari kerja juga terkendala untuk memperoleh informasi lowongan kerja di perusahaan yang valid di saat kesempatan kerja yang sangat terbatas.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA/SMK-S1

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan acara ini bukan hanya berkaitan dengan karier seseorang saat sudah lulus kuliah, tetapi juga untuk mengenal dunia yang akan mereka tekuni.

Menurutnya, makna dari sebuah pekerjaan adalah upaya untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat dan manusia pada umumnya. Dengan demikian, perlu adanya kesesuaian antara apa yang sedang dipersiapkan dengan apa yang akan dihadapi.

“Sehingga kehadiran acara job fair ini saya maknai tidak hanya bagaimana mempertemukan saja pencari kerja dan juga yang akan memberikan pekerjaan, atau misalnya karier dari seseorang yang sudah lulus sekolah, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana kita saling mengenal antara dunia yang akan kita tekuni dengan dunia yang akan kita persiapkan,” kata Prof. Arief.

Dengan rangkaian kegiatan yang komprehensif, Prof. Arief berharap acara ini dirasakan manfaatnya bukan hanya bagi peserta yang mencari kerja tetapi juga oleh perusahaan yang mempersiapkan tempat kerja.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini juga dapat memberi warna atau bantuan secara umum bagi pengembangan bangsa dan negara secara umum,” harap Prof. Arief.

Info Unpad Virtual Job Fair Oktober 2021 dapat dilihat melalui laman  http://cdc.unpad.ac.id/virtual-job-fair-universitas-padjadjaran/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com