Kompas.com - 11/10/2021, 11:49 WIB
Lada Jawa (Piper cubeba L.) adalah spesies yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman ini tersebar luas dan dibudidayakan di Indonesia (terutama di Jawa dan Sumatera) tetapi juga di daerah tropis lainnya. Kegunaannya sebagai tanaman obat, bumbu, dan sumber minyak atsiri AntropoceneLada Jawa (Piper cubeba L.) adalah spesies yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman ini tersebar luas dan dibudidayakan di Indonesia (terutama di Jawa dan Sumatera) tetapi juga di daerah tropis lainnya. Kegunaannya sebagai tanaman obat, bumbu, dan sumber minyak atsiri
|

KOMPAS.com - Setiap mahasiswa diharapkan bisa melakukan pengabdian pada masyarakat. Tentu semua disesuaikan dengan jurusannya. Atau dilakukan bersama dengan timnya.

Seperti halnya Tim Himagrotek Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melakukan pengabdian pada masyarakat di Desa Kemawi.

Ketika mendapatkan hibah pendanaan dalam program kompetitif "Wira Desa" yang difasilitasi oleh Belmawa Kemendikbud Ristek, tim ini mengembangkan potensi Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baca juga: Dies Natalis Ke-58, Unsoed Terus Bergerak dan Berkarya

Tim bermitra dengan Kelompok Tani Sekar Aji yang telah lama berkecimpung dalam kegiatan budidaya dan pemasaran berbagai macam komoditas pertanian khususnya tanaman rempah.

Melansir laman Unsoed, Senin (11/10/2021), Tim Himagrotek diketuai oleh Hendra dan beranggotakan 9 mahasiswa, yaitu Irwandhi, Hilmy Ihza Rakhman, Farah Fadhilah Husen, Sekar Arum Prabaningtyas, Annisa Islamiati, Myra Faridah Elvina, Rosita Dewi, Haris Raditya Subandrio, dan Adinda Azhaar Khairunnisa.

Adapun proses pendampingan terhadap petani Kemukus ini didampingi oleh Dosen pembimbing lapang Dr. Purwanto, S.P., M.Sc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hendra, tim mencoba memberikan solusi yaitu:

  • inisiasi pembentukan sentra produksi biji kemukus di Desa Kemawi
  • memperluas koneksi perdagangan kemukus
  • solusi atas kendala gagal panen akibat serangan hama dan penyakit akar dengan inovasi budidaya Kemukus menggunakan sistem sambung

"Potensi sumberdaya yang dikembangkan melalui program Wira Desa ini adalah tanaman kemukus sebagai salah satu komoditas rempah unggulan dari Desa Kemawi," ujarnya.

Manfaat tanaman kemukus

Dijelaskan, tanaman Kemukus yang memiliki nama latin Piper Cubeba ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat banyak kegunaannya, sehingga dibutuhkan oleh industri obat tradisional.

Buah kemukus berkhasiat untuk obat pada penyakit:

  • gonorrhoe penyakit kelamin
  • bronchitis
  • disentri
  • radang selaput lendir saluran kemih
  • penyakit perut
  • obat mencret

Baca juga: Mahasiswa Unsoed Inovasi Sekam Padi Jadi Pelapis Anti-air Masker Kain

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.