Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FK UB Peringkat 3 Nasional Versi THE WUR 2022

Kompas.com - 10/10/2021, 20:35 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2022 by Subject: Clinical and Health, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) di urutan ketiga nasional.

Adapun pemeringkatan menyoroti universitas yang terkemuka di bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan bidang kesehatan lainnya. Hasil ini dirilis oleh lembaga pemeringkatan THE WUR pada 16 September 2021.

Menurut Ketua Pusat Pemeringkatan Adharul Muttaqin, S.T., M.T., UB berada di urutan ketiga setelah UI dan Unair. Dan berdasarkan skor, UB berada pada peringkat 601+ dunia.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Alat Sterilisasi APD

"Teaching dilihat dari survei reputasi dalam hal pengajaran, rasio dosen dan mahasiswa, jumlah mahasiswa doktor dibandingkan dengan mahasiswa S1, dan institutional income," ujarnya dikutip dari laman UB, Minggu (10/10/2021).

Sedangkan kategori Research merujuk pada jumlah publikasi dan penghasilan dari penelitian, International Outlook pada jumlah mahasiswa dan dosen asing.

Serta kerja sama publikasi dengan luar negeri, dan Industry Income dari penghasilan yang diperoleh UB dari industri.

Ingin terus berbenah

Sementara Dekan FK UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, Sp.A., M.Si.Med., manyatakan ingin terus berbenah untuk meningkatkan pemeringkatan.

"Sebenarnya UB memiliki rencana pengembangan jangka panjang dengan target pemeringkatan internasional 500+. Jadi harapannya dalam beberapa tahun ke depan ranking kita bisa naik lebih tinggi lagi," harapnya.

Dijelaskan, kategori citation, teaching, dan research memiliki bobot penilaian paling besar. Untuk itu fakultas berupaya menggenjot penelitian.

Baca juga: Webinar UB: Stunting Harus Ditangani Masyarakat dan Pemerintah

Mulai dari meningkatkan kemampuan menulis proposal dan artikel ilmiah, juga mengembangkan dana penelitian.

"Nantinya semua dosen diharapkan memiliki kemampuan menulis yang baik, dan karyanya bisa dipublikasikan di jurnal bereputasi internasional, sehingga berimbas pada naiknya sitasi," jelas dokter spesialis anak ini.

Dukung hilirisasi inovasi produk

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES., menyatakan Subject Clinical and Health ini skor tertingginya ada pada kategori industry income, yakni 42,1. Paling tinggi dibandingkan empat kategori lainnya.

Meskipun bobot penilaiannya hanya 2,5 persen, tentunya nilai yang diperoleh ini sejalan dengan dukungan Rektor UB yang terus mendorong semua Badan Usaha Akademik dan Non Akademik.

Khususnya Badan Inkubasi Inovasi dan Kewirausahaan (BIIW) sebagai salah satu unit yang mendukung hilirisasi inovasi sehingga produk dapat digunakan masyarakat.

Seperti contohnya banyaknya inovasi bidang kesehatan yang dihasilkan peneliti UB yang pada akhirnya menambah nilai industry income.

Baca juga: Limbah Makanan dan Ternak Jadi Pupuk Bio Organik oleh Mahasiswa UB

"Semoga pada pemeringkatan THE WUR yang akan datang akan mencapai nilai yang lebih baik pada kelima pilarnya," ucap Prof. Aul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com