Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus Unhas Hadirkan Startup Penghubung Pencari Kerja

Kompas.com - 05/10/2021, 14:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan kini tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang banyak orang kehilangan pekerjaan.

Tentu kini banyak orang membutuhkan pekerjaan baru. Tak hanya sesuai bidang atau jurusan, tetapi pekerjaan apapun lebih dibutuhkan.

Terkait hal itu, M. Rizky Eka Arlin, S.T., alumnus tahun 2021 Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) coba berinovasi.

Baca juga: Kuliah Umum Unhas: Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

Dia yang merupakan cofounder startup HELPer Indonesia, berusaha menjadi penghubung para pencari kerja.

Start-up yang mulai berdiri pada 2018 tersebut telah mengurangi permasalahan lebih dari 7 juta pengangguran di Indonesia.

Sejak SMP tertarik teknologi informasi

Menurut Rizky, bergabungnya ke start-up tersebut berawal dari ketertarikannya pada dunia teknologi informasi sejak duduk di bangku SMP.

Ketika melanjutkan pada jenjang Perguruan Tinggi, dirinya memutuskan untuk bergabung pada program studi Teknik Informatika.

"Waktu awal kuliah memang ingin jadi pengusaha sekaligus membantu keuangan keluarga," ujarnya seperti dikutip dari laman Unhas.

Baca juga: Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

"Pada semester 4, saya mendirikan perusahaan konsultan dalam bidang pemanfaatan teknologi bersama teman-teman yang juga tertarik pada hal serupa," jelas Rizky.

Akhirnya impian menjadi seorang pengusaha terwujud dengan menahkodai PT. Carakde Solusi Informatika yang telah membantu banyak pihak dalam melakukan transformasi dan akselerasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mencapai target mereka.

Adapun produk teranyar PT Carakde adalah walet.vip yang berperan dalam peningkat produksi sarang walet. Usaha ini mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional kala itu.

Kegemaran dalam bidang IT semakin terlihat ketika dirinya terlibat dalam Startup HELPer Indonesia yang hadir sebagai bentuk kepekaan sosial Rizky dan teman-teman yang melihat banyak pekerja harian atau lepas yang tidak memiliki pendapatan cukup.

Tingkatkan taraf hidup buruh

Menurut Rizky, Indonesia dengan nilai gotong royong menjadi modal besar untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Startup HELPer Indonesia hadir dengan harapan bisa menjadi jembatan rezeki bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan tentunya akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran di Indonesia.

Dikatakan salah satu misi HELPer Indonesia adalah meningkatkan taraf hidup buruh/pekerja lepas serta para penyedia jasa dengan menghadirkan layanan yang terbaik dan profesional.

Baca juga: Seminar Unila: Soft Skill Mahasiswa Harus Dibentuk Karakter Unggul

Pada hakikatnya semua saling membutuhkan. HELPer Indonesia hadir bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan orang lain dengan layanan jasa yang ditawarkan seperti:

  • berbelanja
  • antar barang
  • asisten pribadi
  • angkat barang
  • mengantri
  • supir pribadi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com