Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Etika Bisnis di Masa Pandemi, PPM Manajemen Gelar IBEC 2021

Kompas.com - 11/07/2021, 19:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai rangkaian peringatan kegiatan ulang tahun ke-54, PPM Manajemen menggelar konferensi internasional khusus membahas etika bisnis, International Business Ethics Conference (IBEC) 2021.

Konferensi internasional gelaran Pusat Etika dan Budaya Organisasi Soedarpo Sastrosatomo (PEBOSS) PPM Manajemen berlangsung secara daring pada 7-8 Juli 2021 dan mengangkat tema besar "Reinforcing Ethical Business and Integrity Practices".

Dalam sambutan acara, Shanti Poesposoetjipto, Ketua Yayasan PPM menyampaikan PPM Manajemen sebagai center of excellence terus berupaya mendesiminasi etika bisnis kepada banyak perusahaan melalui riset, pelatihan dan juga berbagai seminar.

"IBEC juga menyajikan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Etika dan Budaya Organisasi Soedarpo Sastrosatomo (PEBOSS) PPM Manajemen berkaitan dengan isu-isu terkini," ungkap Shanti.

Ia berharap, hasil penelitian dan konferensi internasional ini akan bermanfaat untuk memahami bagaimana pengamalan dan pemahaman etika, serta iklim etika dalam organisasi, sehingga bermanfaat untuk terus membudayakan iklim etika pada industri di Indonesia.

Shanti menegaskan etika bisnis menjadi pondasi penting dalam membangun nilai, budaya, perilaku, di dalam organisasi. Dengan menjalankan prinsip bisnis yang beretika, ujar Shanti, organisasi dapat memberikan dampak yang positif baik dari dalam maupun luar organisasi.

"Kaitannya dengan tanggung jawab moral, bisnis secara beretika dapat membuat praktik bisnis semakin transparan dan memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan bangsa," tegas Shanti.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis untuk Kalangan Mahasiswa

Etika bisnis di tengah krisis pandemi

Mewakili Kementerian Dalam Negeri, Prof. Muchlis Hamdi menyampaikan dinamika situasi di tengah pandemi mendorong etika bisnis menjadi panduan menyelesaikan berbagai masalah dengan berbagai implikasinya.

"Dalam kondisi pandemi ini, sekali lagi etika bisnis menjadi kesintasan (daya tahan) organisasi. Hubungan antara profit, perubahan, dan dilema etika menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan dalam pengambilan keputusan bisnis," ungkap Prof. Muchlis.

Lebih jauh Prof. Muchlis menegaskan, dengan etika diharapkan para pemimpin bisnis dapat mengambil keputusan yang baik untuk menghadapi berbagai tantangan, baik di masa normal maupun di masa krisis.

"Di masa mendatang kita mengharapkan etika bisnis dan penerapannya akan berjalan seiring antara kemajuan perusahaan dan kesejahteraan masyarakat," harapnya. 

Berbasis etika bisnis ini, Prof. Muchlis mencontohkan, di masa pandemi ini banyak perusahaan terpanggil untuk memberikan bantuan seperti mendonasikan masker, APD dan hand sanitizer, baik melalui lembaga pemerintah maupun langsung kepada masayarakat.

"Hal ini menunjukkan betapa dermawannya dunia bisnis dan juga memperlihatkan dunia bisnis tidak hanya memikirkan keuangan tetapi juga memiliki kepedulian pada lingkungan sekitarnya," tegas Prof. Muchlis.

Baca juga: Webinar Unpar: Owner Kebab Turki Baba Rafi Ungkap Tips Bisnis Warabala

Center of excellence etika bisnis

Prof. Bramantyo Djohanputro, Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM, mengungkapan etika bisnis menjadi bagian penting dalam pembelajaran yang disampaikan PPM Manajemen kepada para mahasiswanya, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana.

"Seperti kita ketahui indeks korupsi kita masih rendah, oleh karenanya sebagai center of excellence kami mengembangkan riset penelitian dan menyebarluaskan etika bisnis ke semua perusahaan dan juga melalui pendidikan," ungkap Prof. Brahmantyo.

IBEC merupakan acara yang diadakan untuk mempertemukan praktisi dan akademisi etika bisnis dan membahas serta mencari solusi dari isu-isu yang terjadi di industri kaitannya dengan implementasi etika bisnis di organisasi.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu memahami upaya dan aksi dalam penerapan etika bisnis di organisasi.

Tidak hanya itu, konferensi internasional IBEC 2021 diharapkan juga dapat memperkuat peran serta masyarakat dalam membangun bisnis beretika dan berintegritas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com