Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Alih Status Unand Jadi PTN-BH Masuki Tahap Akhir

Kompas.com - 17/06/2021, 07:16 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Andalas (Unand), Yuliandri mengatakan, usulan proses peralihan status Unand dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) telah memasuki tahap akhir.

Salah satu dasar hukum untuk perolehan status ini ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang PTN-BH Unand.

Baca juga: Atlet Tak Sadarkan Diri Saat Olahraga, Berikut Kata Pakar Unair

"Di mana prosesnya saat ini sudah disetujui, itu dinamakan dengan harmonisasi dan pembulatan dari Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTN-BH," kata Rektor Yuliandri melansir laman Unand, Kamis (17/6/2021)

Dia mengaku, proses peralihan status ini dikatakannya sudah berlangsung semenjak 2016.

"Mudah-mudahan minggu ini atau minggu depan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengirimkan RPP PTN-BH Unand ke Presiden untuk ditetapkan," sebut dia.

Lanjut dia menyampaikan, dengan perubahan status ini akan membuka ruang untuk Unand bisa lebih otonom, baik dalam bidang akademik seperti pendirian Program Studi (Prodi) maupun melakukan berbagai kerja sama dan akivitas lainnya.

Dengan tujuan, agar bisa meningkatkan dan mengembangankan baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Rektor IPB Harap Kampus Masuk Peringkat 400 Terbaik Dunia

"Dengan perubahan status ini, maka pengembangan Unand bisa lebih ditingkatkan terutama daya saing baik ditingkat regional, nasional maupun internasional," sebut Rektor Unand.

Dia mengungkapkan, dari awal Unand merupakan salah satu dari tiga PTN yang disiapkan untuk menjadi PTN-BH oleh Kemendikbud Ristek.

Tiga PTN itu, sebut dia, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sudah menjadi PTN-BH.

Lalu ada Universitas Brawijaya (UB) dan Unand yang prosesnya sudah memasuki tahap akhir.

Dia mengungkapkan, salah satu target yang dibebankan kepada perguruan tinggi nantinya, yakni bagaimana percepatan prestasi ketika sudah berstatus PTN-BH.

"Makanya ini yang menjadi tanggung jawab bersama menjelang akhir tahun terutama dalam menyiapkan semua instrumen dan melakukan proses transisi anggaran," tegas Rektor.

Baca juga: Kriteria Hewan Ternak Layak Kurban Menurut Pakar UGM

Dia berharap dalam proses dan tekad yang kuat secara bersama-sama, bisa mewujudkan mimpi Unand untuk menjadi PTN-BH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com