Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EDUKASI] 10 SMK Terbaik Berdasar Nilai UTBK | Institut Teknologi PLN Buka Seleksi D3-S1 | Lowongan Samator Lulusan SMA/SMK-S1

Kompas.com - 27/05/2021, 11:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di sejumlah daerah akan segera berlangsung. Tak heran bila artikel edukasi terkait sekolah terbaik menjadi salah satu yang paling banyak dibaca oleh pembaca Kompas.com periode Selasa-Kamis (25-27/5/2021).

Selain artikel "10 SMK Terbaik Nasional Berdasar Rerata Nilai UTBK 2020", artikel bertema "Institut Teknologi PLN Buka Jalur Seleksi D3-S1 Gunakan Nilai Rapor" juga menjadi salah satu yang terpopuler. Mengingat selain PPBD pendaftaran ke perguruan tinggi juga tengah berlangsung.

Berikut artikel terpopuler edukasi untuk minggu ini:

Baca juga: Universitas Pertamina Buka 15 Jenis Beasiswa 2021 bagi Lulusan SMA/SMK

1. 10 SMK Terbaik Nasional Berdasar Rerata Nilai UTBK 2020

Ilustrasi siswa SMA, seragam SMAsShutterstock/Tiwuk Suwantini Ilustrasi siswa SMA, seragam SMAs

Beberapa bulan yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan webinar "Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020".

Pada kesempatan itu, Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih meluncurkan daftar SLTA yang masuk 1.000 terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Dari sebanyak 1.000 SLTA itu ternyata disaring dari banyak sekolah yang pesertanya mengikuti UTBK 2020.

"Sekali lagi, kami hanya mengurutkan dari yang tertinggi hingga terendah. Atau ini berdasarkan rata-rata nilai TPS UTBK 2020," jelas Prof. Nasih.

Daftar lengkap 10 SMK terbaik dapat dilihat melalui laman ini.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran D3, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

2. Institut Teknologi PLN Buka Jalur Seleksi D3-S1 Gunakan Nilai Rapor

Institut Teknologi PLN (IT-PLN) membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang Reguler ke-3 Tahun Akademik 2021-2022 hingga 15 Juni 2021.

Institut Teknologi PLN sendiri merupakan sebuah kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Perusahaan Listrik Negara (YPK-PLN) dan berlokasi di Jakarta Barat.

Tahun ini, IT PLN meraih peringkat ke-4 sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia versi THE Impact Rankings 2021. Bila pada seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru sebelumnya IT PLN menggelar ujian online, maka seleksi pada Gelombang Reguler 3 ini berlangsung tanpa ujian.

Melansir laman Instagram resmi IT PLN @gabungitpln, di era pandemi ujian dengan sistem "Online Test" diubah menjadi "Tanpa Ujian".

Pilian prodi dan informasi pendaftaran dapat dilihat di artikel ini.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA/SMK-S1

3. Samator Buka 7 Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-S1, Cek di Sini

 

Samator sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK, D3, dan S1. Lokasi lowongan kerja akan ditempatkan di beberapa daerah. Samator didirikan pada 1975 sebagai pabrik asetilen di Surabaya, Jawa Timur.

Lama melintang di dunia bisnis, kini perusahaan menjadi pemain gas industri terbesar di Indonesia.

Merangkum laman Instagram resmi Samator, Senin (23/5/2021) menginformasikan ada 7 lowongan kerja yang sedang dibuka oleh Samator, khususnya bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja atau lulusan baru (fresh graduate).

Jika berminat dengan lowongan kerja yang sedang dibuka oleh Samator, mari simak kriteria yang dibutuhkan disini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com