Kompas.com - 27/05/2021, 10:49 WIB
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta dan ISBI Bandung, melakukan kolaborasi pembelajaran sebagai wujud nyata pelaksanaan Kampus Merdeka. DOK. UNIVERSITAS MOESTOPOUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta dan ISBI Bandung, melakukan kolaborasi pembelajaran sebagai wujud nyata pelaksanaan Kampus Merdeka.

KOMPAS.com - Program Kampus Merdeka sebagai bagian dari Merdeka Belajar yang diluncurkan Kemendikbud Ristek memungkin mahasiswa memiliki kebebasan untuk studi lintas program studi dan bahkan perguruan tinggi.

Terkait hal itu, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta dan ISBI Bandung, melakukan kolaborasi pembelajaran sebagai wujud nyata pelaksanaan Kampus Merdeka.

“Untuk itu, materi ajar, praktik, serta kolaborasi didasarkan pada kreatifitas yang beretika berbasis pada pengembangan dan pemanfaatan aplikasi dan teknologi”, kata Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Rudy Harjanto melalui rilis resmi (26/5/2021).

Sebelumnya memasuki Ramadan, kedua institusi telah menyelenggarakan serial e-seminar yang dilaksanakan sebanyak empat kali melalui Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Moestopo.

Diskusi juga menyinggung kemungkinan tawaran mata kuliah kembar antara kedua institusi pendidikan terkemuka tersebut.

Kerja sama ini sekaligus sebagai respon program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) yang segera harus dilaksanakan, dengan menyusun kurikulum bersama yang memungkinkan bisa diterapkan pada program tersebut.

Baca juga: Perkuat Kampus Merdeka, Kalbis Institute Jalin Kerja Sama dengan LRT Jakarta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama ini menjadi menarik mengingat kolaborasi dilakukan atas akar bidang keilmuan yang berbeda dan diharapkan bisa saling memperkaya antara ilmu komunikasi, seni dan manajemen. 

Program ini juga diharpkan menjadi rintisan kedua institusi dalam mengelola program pembelajaran berbasis industri kreatif.

"Kerja sama antara Universitas Moestopo dan ISBI Bandung ini diharapkan mampu mempersiapkan generasi muda Indonesia yang unggul di kancah perekonomian dunia global," tambah Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung, Supriatna.

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sendiri merupakan universitas yang didirikan tahun 1962 dan saat ini memiliki berbagai fakultas seperti Kedokteran Gigi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Program Pascasarjana. 

Sementara itu, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau yang disingkat ISBI Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung yang menyelenggarakan pendidikan program Diploma Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana dalam bidang seni dan budaya, secara institusi sejak 28 April 2021.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.