Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Awal, Beasiswa Pendidikan Putra-putri Patriot KRI Nanggala bagi 51 Anak

Kompas.com - 30/04/2021, 08:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Duka mendalam masih dirasakan seluruh masyarakat Indonesia karena kehilangan patriot KRI Nanggala 402.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan perhatian bagi putra dan putri awak KRI Naggala 402 berupa beasiswa pendidikan.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Jawa Timur.

Pada kegiatan silaturahmi dengan keluarga awak KRI Nanggala 402, Presiden RI menyampaikan belasungkawa atas wafatnya para patriot bangsa.

Baca juga: [POPULER EDUKASI] Awak Kapal Tak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam | UI Peringkat 1 Versi SIR | Mahasiswa S1 Bisa Daftar LPDP

Negara beri perhatian

Jokowi menyampaikan bahwa putra-putri para awak kapal akan mendapatkan perhatian khusus dari negara agar bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," tegas Presiden seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Kamis (29/4/2021).

Terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyampaikan duka cita yang mendalam dan komitmen Kementerian untuk mendukung pendidikan putra-putri 53 awak KRI Nanggala.

"Keluarga besar di kementerian sangat berduka cita atas wafatnya para patriot penjaga kedaulatan negara," ujar Nadiem.

"Negara ini berhutang budi, bahkan nyawa kepada awak KRI Nanggala 402. Membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan," ungkap Nadiem.

Baca juga: Beasiswa LPDP Kini Dibuka Jenjang S1, Simak Kriterianya

Beasiswa tahap awal

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Kahar yang turut hadir bersilaturahmi juga menyampaikan arahan Menteri Nadiem.

Adapun beasiswa pendidikan diberikan bagi seluruh anak keluarga KRI Naggala 402. Pada tahap awal akan diberikan beasiswa kepada 51 anak, terdiri dari:

1. Jenjang SD: 34 anak

2. Jenjang SMP: 5 anak

3. Jenjang SMA: 4 anak

4. Jenjang Pendidikan Tingi: 8 anak

"Tahun ini, beasiswa diberikan bagi putra-putri yang sudah masuk pendidikan formal. Nantinya beasiswa akan diberikan juga bagi putra-putri yang saat ini masih balita. Kesemuanya dilakukan secara bertahap," jelas Abdul Kahar.

Baca juga: 6 Cara Kelola Emosi Saat Hadapi Anak Usia Dini

Presiden RI juga menginstruksikan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Kepala Staf Angkatan Laut untuk mengatur dan mengelola mekanisme pemberian beasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com