[POPULER EDUKASI] Awak Kapal Tak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam | UI Peringkat 1 Versi SIR | Mahasiswa S1 Bisa Daftar LPDP

Kompas.com - 29/04/2021, 08:03 WIB
Kapal selam KRI Cakra 401 dalam sebuah latihan di perairan Selat Madura, Jawa Timur. KOMPAS/IWAN SETIYAWANKapal selam KRI Cakra 401 dalam sebuah latihan di perairan Selat Madura, Jawa Timur.
|

KOMPAS.com - Pada 21 April 2021 Indonesia mendapat kabar hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali saat sedang menjalani latihan.

Hingga akhirnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan pernyataan bahwa kapal selam tersebut tenggelam di dasar laut sedalam 838 meter.

Hal ini kemudian ramai dibicarakan di media sosial, terutama mengenai mengapa para awak kapal selam tidak keluar dari pintu emergency dan berenang ke luar untuk menyelamatkan dirinya sendiri?

Baca juga: Pakar ITS Ungkap Kondisi KRI Nanggala 402 Saat Ini

Informasi ini menjadi berita terpopuler di kanal Edukasi Kompas.com. Yakni penjelasan kenapa awak kapal selam tidak keluar menyelamatkan diri.

Selain itu, ada juga berita populer di kanal edukasi yakni mengenai Universitas Indonesia (UI) kembali mencatatkan namanya sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berikut tiga berita populer edukasi sepanjang Senin hingga Kamis (26-29/4/2021):

1. Kenapa Awak Kapal Tidak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam?

Pada tanggal 21 April 2021 Indonesia dikejutkan dengan kabar hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali saat sedang menjalani latihan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan bahwa kapal selam menghilang tidak lama setelah diberikan izin menyelam dan diperkirakan berada di palung dengan kedalaman 700 meter di bawah permukaan air.

KRI Nanggala yang hilang membawa 53 awak kapal dengan cadangan oksigen yang hanya bisa bertahan selama 72 jam. TNI telah mengerahkan banyak KRI lain untuk melakukan penyelamatan terhadap 53 awak kapal tersebut.

Hal ini kemudian ramai dibicarakan di media sosial, terutama mengenai mengapa para awak kapal selam tidak keluar dari pintu emergency dan berenang ke luar untuk menyelamatkan dirinya sendiri?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.