Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Hutan Dunia, EduParents Gelar "Family Planting Program"

Kompas.com - 22/02/2021, 15:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut Hari Hutan Internasional (21/3) dan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan keluarga mitra sekolah Eduversal mengadakan kegiatan bersama keluarga "Eduparents Family Planting Program".

“Setelah pandemi berlangsung masyarakat menyadari betapa pentingnya tetap bisa melakukan kegiatan di luar ruangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan salah satunya adalah kegiatan menanam," ujar Hasan Yilmaz, Pimpinan EduParents melalui rilis resmi (21/2/2021).

Hasan menyampaikan, sayangnya kegiatan menanam ini sayangnya kurang diminati anak-anak karena terkesan membosankan dan kalah saing dengan gawai pintar.

"Oleh karenanya kami berupaya untuk mengajak para orangtua Eduparents untuk aktif melibatkan putra-putrinya dalam kegiatan menanam," ungkapnya.

Selain bermanfaat sebagai salah satu kegiatan dalam menghijaukan bumi, Hasan mengatakan, menanam bisa menjadi kegiatan menyenangkan dan sarat dengan nilai pendidikan jika dikemas dengan baik.

Baca juga: Bingung Tangani Permasalahan Anak Usia Dini? Begini Peran Orangtua

Hal ini juga ditegaskan Caswa, Ketua Panitia "Eduparets Family Planting Program".

“Program ini adalah program menanam bersama keluarga khususnya putra dan putri di mana nantinya ada kerja sama saling ingatkan, saling memiliki tanggung jawab untuk merawat tanaman yang ditanam," ujarnya.

Tidak saja berbagi tanggungjawab, kegiatan ini diyakini Caswa juga dapat membuat orangtua dan anak saling berbagi waktu, energi dan memupuk kasih sayang sesama anggotanya yang dirasa mampu mewakili visi dan misi dari Eduparents sendiri.

Ia menambahkan, "selain itu dalam waktu yang bersamaan tujuan untuk menjaga bumi dari kerusakan dan berkontribusi terhadap lingkungan bisa kita wujudkan dan ajarkan kepada keluarga kita.”

Ajak anak menikmati proses menanam

Program ini memiliki 2 kategori yakni; menanam jangka pendek dan menanam jangka panjang sehingga peserta dapat memilih sesuai minat dan kesempatan.

Menaman jangka pendek menjadi pilihan program menanam awal untuk keluarga yang baru mengenal dan mencoba menanam dengan harapan akan makin mencintai kegiatan menanam.

Sedangkan program menanam jangka panjang menjadi program menanam yang mengajak keluarga menikmati proses menanam dengan melihat setiap tahap dalam perkembangan tanaman.

Registrasi bisa dilakukan peserta sejak 9-19 Februari 2021. Para keluarga Eduversal dapat meilih kategori menanam jangka pendek di mana proses menanam dimulai dari tanggal 20-27 Februari 2021.

Setiap keluarga akan mengirim foto dan video serta pengalaman menanam dengan proses memanen dan bagimana merawat tanaman. Sedangkan program jangka panjang memiliki waktu tanam tanggal 20 Februari sampai dengan 10 April 2021.

Setiap keluarga akan melaporkan perawatan bersama dan perkembangan tanaman setiap akhir pekan kepada panitia.

Baca juga: Ajak Anak Eksplorasi Suara, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Setiap peserta akan mengumpukan dokumentasi proses menanam, perawatan dan perkembangan tanamannya dalam google form yang akan dikumpulkan setiap akhir pekan sebagai bukti secara virtual bahwa peserta telah melakukan penanaman dan perawatan.

Panitia akan menilai setiap pelaporan foto, video, twibon, quote atau cerita pengalaman menanam dan merawat, dan juga konsistensi dalam melaporkan perkembangan tumbuhan,

"Mari kita mulai dengan menanam di pekarangan rumah kita. Kita semua bisa menanam benih, bibit atau pohon apapun karena dengan menanam satu tanaman berarti kita sudah turut andil memberdayakan keluarga kita dan memelihara bumi serta alam ini," pungkas Hasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com