Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tularkan Gaya Hidup Sehat, Alumni dan Orangtua Eduversal Gelar "Virtual EduRun Marathon"

Kompas.com - 20/12/2020, 16:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tidak terasa satu semester dijalankan di tengah masa pandemi dengan pembelajaran dari rumah sebagai dampak dari pandemi global Covid-19. Berbagai upaya dilakukan guna tetap menyalakan semangat ekosistem pendidikan.

Salah satunya "Virtual Marathon 50K" yang digelar Alumni Initiatif (Ikatan Alumni) dan EduParents (Parent Club sekolah Mitra Eduversal). Virtual marathon 2020 ini secara khusus mengangkat tema "'Mari Kita Berpisah dengan Tahun 2020 dalam Keadaan Lebih Sehat dan Bugar".

Acara melibatkan seluruh pihak, baik itu siswa, orangtua, guru, maupun alumni dari sekolah-sekolah Mitra Eduversal.

"Kegiatan ini terinspirasi dari masukan orangtua, alumni maupun guru di sekolah-sekolah mitra Eduversal. Mereka sangat antusias mengajak semua kalangan terlibat secara aktif dalam kegiatan produktif yang mengutamakan gaya hidup sehat," ungkap Ulul Ilmi, Koordinator Virtual Marathon melalui rilis resmi (20/12/2020).

Baca juga: Youth Ecopreneurship Initiative, Latih 8.269 Siswa SMA-SMK Berwirausaha

Lebih jauh ia mengatakan, "Target kami adalah meningkatkan minat olahraga di masa pandemi yang telah mengubah gaya hidup kita dan berdampak kepada kesehatan secara signifikan."

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya ingin membangun kesadaran bahwa olahraga itu menyenangkan ketika dilakukan bersama akan dapat saling memotivasi dan memberikan dukungan.

Ia menyampaikan antusiasme peserta sangat tinggi, sudah lebih dari 650 peserta terdiri dari orangtua, siswa, alumni dan guru-guru mendaftar untuk berpartisipasi pada kegiatan ini.

Targetkan 50 Km jarak tempuh

Lebih jauh Ulul Ilmi menjelaskan event ini menargetkan jarak 50 kilometer sebagai jarak tempuh.

"Mungkin terasa sedikit memberatkan bagi beberapa peserta yang sibuk atau jarang berolah raga lari, tetapi tidak perlu khawatir karena panitia telah membagi ke dalam 3 kategori yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kesempatan peserta," jelas Ulul.

Selain itu, tambahnya, demi meningkatkan minat olahraga di masa pandemi ini, jarak tempuh yang dipilih juga merupakan jarak total lari dalam rentang waktu satu minggu.

Registrasi virtual 50K marathon dilakukan peserta tanggal 5-19 Desember 2020. Peserta dapat memilih kategori 50 kilometer secara individu atau mereka bisa membuat tim berisikan dua pelari dengan pembagian 25 kilometer tiap pelarinya.

Panitia pun juga memberikan opsi ketiga yaitu "relay 5" di mana tim dapat terdiri dari 5 orang pelari.

Lebih jauk Ulul menerangkan kegiatan ini tidak hanya diperuntukan kepada alumni atau orangtua siswa.

Peserta diizinkan melibatkan dan mengajak pasangan (suami/istri), putra-putri, kolega bahkan guru/wali kelas dari siswa Mitra Eduversal yang tersebar di beberapa kota di Indonesia guna mengakhiri tahun 2020 lebih baik dan produktif.

Tularkan gaya hidup sehat

Periode lari akan dilaksanakan mulai akhir pekan ini tepatnya pada tanggal 20-26 Desember 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com