Kompas.com - 16/12/2020, 17:16 WIB
Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari dalam acara Youth Ecopreneurship Initiative. Webinar Citi IndonesiaCountry Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari dalam acara Youth Ecopreneurship Initiative.

KOMPAS.com - Citibank N.A. Indonesia atau Citi Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) memberikan manfaat kepada 8.269 siswa SMA/SMK di lima kota besar lewat program Youth Ecopreneurship Initiative (YEI).

Program ini telah berhasil melahirkan 25 bisnis baru ramah lingkungan yang beromzet total lebih dari 214 juta rupiah selama lima hingga tujuh bulan beroperasi.

Baca juga: Bank Asal AS Hibahkan Rp 9 Milliar ke Siswa SMA dan SMK

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengatakan, perusahaan menggagas YEI bersama PJI untuk menjembatani tingginya kepedulian generasi muda Indonesia terhadap lingkungan sekitar, dengan kian meningkatnya minat mereka untuk berwirausaha.

Pemberdayaan generasi muda, kata Puni, memang telah menjadi fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia, terutama dalam ranah edukasi, literasi keuangan dan keterampilan dasar kewirausahaan. Ini sejalan dengan prakarsa global Citi dan Citi Foundation yang mendorong percepatan ekonomi bagi generasi muda.

"Harapan kami, program bisa memberi pendekatan segar kepada anak muda Indonesia untuk mantap berkiprah menjadi wirausaha, pengembangan bisnis, kelestarian dan pemberdayaan lingkungan sekitar," kata Puni dalam acara konferensi pers secara online, Rabu (16/12/2020).

Dia meyakini, semangat kewirausahaan berbasis lingkungan akan memajukan kreativitas generasi muda Indonesia dalam mengubah tantangan menjadi sebuah ide bisnis yang bernilai ekonomi tinggi dan berfaedah jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Citi Indonesia bertekad untuk melanjutkan program edukasi kewirausahaan muda ini untuk pelaksanaan tahun ketujuh. Semoga prakarsa kami dapat menjangkau lebih banyak pelajar dan memberi dampak positif yang lebih luas," jelas Puni.

Enam tahun beri manfaat kewirausahaan ke 169 sekolah

Selama enam tahun penyelenggaraan tanpa jeda (sejak 2014), prakarsa kewirausahaan muda ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 55.000 pelajar dari 169 sekolah SMA/SMK di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan.

Sementara, pada gelaran tahun ini (berlangsung Oktober 2019-November 2020), YEI mengikutsertakan pelajar dari lima kota saja (kecuali Medan). Selama program, para pelajar berkesempatan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman bisnis secara komprehensif dengan mengoperasikan usaha mikro yang berorientasi lingkungan.

Baca juga: Kemendikbud Beri Bantuan Modal untuk Wirausaha Mahasiswa

Co-Founder & Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menyatakan, dengan mendesaknya kewirausahaan ramah lingkungan memotivasi Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia untuk tak henti menumbuhkan kapasitas kalangan muda Tanah Air.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.