Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Anggarkan Rp 3 Triliun untuk Digitalisasi Sekolah 2021

Kompas.com - 07/11/2020, 20:33 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen Paudasmen) Kemendikbud, Jumeri menyebutkan anggaran program digitalisasi untuk sekolah mencapai Rp 3 triliun di tahun 2021.

Anggaran itu difokuskan untuk pembelian laptop. Jumeri mengungkapkan rencananya setiap sekolah akan menerima 15 laptop dan access point. Laptop yang diberikan ini bisa dimanfaat untuk berbagai kegiatan di sekolah.

Baca juga: Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

"Seperti untuk asesmen kompetensi minimun, asesmen nasional, praktikum dan lain sebagainya," ucap Jumeri dalam siaran persnya melansir laman Kemendikbud, Sabtu (7/11/2020).

Memang, kata Jumeri, total dana yang diinginkan untuk digitalisasi sekolah ini sebenarnya mencapai Rp 15 triliun. Tapi, untuk setiap tahunnya baru bisa dianggarkan Rp 3 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku, program digitalisasi sekolah menjadi salah satu program prioritas Kemendikbud di tahun 2021.

Tidak hanya terkait pengadaan alat elektronik, pada program digitalisasi sekolah ini, Kemendikbud akan membuat suatu platform di mana para guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul, sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih efisien.

Baca juga: Peneliti UGM: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Aman dari Risiko Anjlok

"Begitu jadinya. Digitalisasi sekolah itu bukan hanya penyediaan sarana TIK tetapi juga mempermudah guru untuk memilih apa yang paling cocok untuk anaknya," ucap Nadiem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com