Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 PTS Ini Miliki Jurusan Pendidikan Luar Biasa atau Khusus

Kompas.com - 21/10/2020, 12:11 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pendidikan luar biasa atau khusus (PLB/PKh) merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang dapat menghasilkan pengajar komunikasi dan guru vokasi.

Melansir Rencanamu.id, jurusan ini hadir untuk mendidik pengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) supaya mampu merangsang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan kondisi peserta didik.

Psikolog dan pendiri klinik tumbuh kembang anak Rainbow Castle, Devi Sani, pernah mengatakan bahwa ABK tetap harus menempuh pendidikan untuk mengembangkan kelebihannya.

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Hubungan Internasional? Cek 5 Kampus Swasta Ini

“Karena meskipun mereka ABK, mereka tetap memiliki kelebihan dalam diri mereka juga. Mereka tetap perlu kita optimalkan perkembangannya sesuai dengan ukuran optimal mereka. Tanpa adanya pendidikan bagi mereka, perkembangan yang optimal akan sulit dicapai,” imbuh Devi saat dihubungi Kompas.com.

Devi menambahkan, pendidikan untuk ABK bermakna lebih luas karena tidak hanya mendapatkan edukasi di sekolah, tetapi juga memeroleh pendidikan keterampilan hidup sehari-hari.

“Bukan hanya pendidikan di sekolah, melainkan juga pendidikan keterampilan hidup sehari-hari yang bisa didapat dari mana saja juga pendidikan seperti terapi-terapi khusus yang mereka butuhkan,” jelasnya.

Daftar PTS

Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang diambil pada Rabu (21/10/2020), terdapat 8 kampus swasta yang memiliki jurusan pendidikan luar biasa atau khusus.

Berikut ini merupakan daftar 8 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut.

1. Universitas Karimun

Lokasi: Jl. Raya Komp. Timah, Tlk. Uma, Tebing, Karimun, Kepulauan Riau.
Jenjang: S1 jurusan PLB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com