Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Puspresnas: Menjaga Nyala Semangat Prestasi Siswa

Kompas.com - 21/10/2020, 11:50 WIB
Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi dalam pembukaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 di Bandung (20/10/2020). Asep menyampaikan pihaknya berusaha menjaga semangat anak-anak Indonesia agar tidak kehilangan orientasi dalam berinovasi, berekspresi dan berprestasi. DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUDPlt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi dalam pembukaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 di Bandung (20/10/2020). Asep menyampaikan pihaknya berusaha menjaga semangat anak-anak Indonesia agar tidak kehilangan orientasi dalam berinovasi, berekspresi dan berprestasi.

KOMPAS.com - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah memasuki tahun pertama. Salah satu perhatian utama periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo ini adalah pada sumber daya manusia dengan melahirkan generasi unggul.

Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas) yang berada di bawah Kemendikbud menjadi salah satu lembaga yang diharapkan mampu menjadi akselerator lahirnya SDM unggul lewat pembinaan talenta-talenta berprestasi, khususnya di dunia pendidikan.

Saat ini, kondisi pandemi global menjadi tantangan utama dalam transformasi pendidikan Indonesia, termasuk dalam pembinaan prestasi siswa dan mahasiswa. 

"Situasi pandemi menyebabkan ancaman terhadap menurunnya kualitas pendidikan, tidak hanya Indonesia tetapi juga seluruh dunia seperti diprediksi UNESCO. Jadi pandemi tidak hanya membawa dampak pada bidang kesehatan namun juga pendidikan kita," ungkap Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi.

Baca juga: Pembukaan FIKSI 2020, Melejitkan Talenta Inovasi dan Wirausaha Siswa

Menjaga nyala semangat siswa

Di sela-sela gelaran Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 di Bandung (20/10/2020), Asep menyampaikan pihaknya berusaha menjaga semangat anak-anak Indonesia agar tidak kehilangan orientasi dalam berinovasi, berekspresi dan berprestasi.

"Puspresnas berkomitmen sejak awal untuk membawa semangat Berprestasi dari Rumah, Menolak untuk Menyerah dan Jujur Itu Juara," tegas Asep.

Ia melihat anak-anak Indonesia tetap mampu menunjukkan prestasi meski di tengah tantangan pandemi Covid-19.

"Sejauh ini kita melihat pandemi tidak menyurutkan anak-anak kita untuk berprestasi. Ini menurut saya menunjukan daya tahan pendidikan yang ditunjukan lewat semangat anak-anak kita sangat dahsyat," ujar Kapuspresnas.

Dari sisi pengembangan prestasi, imbuhnya, hal ini sangat bermakna di mana masa pandemi semua dapat berdaptasi, termasuk seluruh kegiatan Puspresnas yang diarahkan pada kegiatan berbasis online.

Tantangan paling utama, tambah Asep, datang dari upaya pemerataan pembinaan siswa berprestasi seperti yang menjadi harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X