Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman PKL Mahasiswa Polinema Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 28/09/2020, 21:39 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di unit-unit kerja yang ada di lingkungan kampus. Hal itu dikarenakan banyak industri jasa, dagang, dan manufaktur tidak membuka mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL) akibat pandemi Covid-19.

Pelaksanaan PKL di lingkungan kampus guna terus berjalannya peningkatan kompetensi mahasiswa, agar bekerja cepat dan profesional di dunia kerja.

Baca juga: IPB dan CIMB Niaga Jalankan Kerja Sama Strategis Pengembangan SDM

Salah satu unit yang ada di Polinema membuka PKL, yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat (HUMAS). Pelaksanaan PKL dilakukan sejak 15 Juni sampai dengan 14 Agustus 2020.

Salah satu mahasiswa Program Studi D-III Manajemen Pemasaran Polinema, Akram Alauddin Athalla mengatakan, dirinya memperoleh pengalaman baru ketika menjalankan PKL di UPT Humas Polinema.

Setidaknya selama dua bulan diajarkan cara menyampaikan informasi yang baik dan benar, dilatih public speaking untuk menyampaikan informasi kepada tamu yang datang.

"Lalu diajarkan bagaimana cara menulis berita yang baik dan dapat diterima oleh pembaca. Tentunya pengalaman melaksanakan PKL di UPT Humas Polinema sangat berkesan bagi saya," kata Akram dalam keterangannya, melansir laman Polinema, Sabtu (26/9/2020).

Salah satu mahasiswa lainnya, yakni Nabil Ichlasul Fikri mengungkapkan, PKL di UPT Humas memiliki manfaat yang luar biasa, karena memperoleh ilmu terkait menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi penerimaan mahasiswa baru.

"Kami juga mengikuti pelatihan penulisan berita. Jadi banyak pengalaman yang didapatkan dari PKL ini," ucap Nabil yang sedang menjalani Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran.

Sementara Afrizal Putra Pradana menambahkan, pelaksanaan PKL di UPT Humas Polinema memperoleh ilmu baru dan pengalaman yang tidak bisa dilupakan, salah satunya mempelajari ilmu marketing, terkait mempromosikan Program Studi dan biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang baru.

Selain itu, kata Afrizal, dirinya dapat mengembangkan skill saya dalam mendesain brosur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Baca juga: RuangGuru: Masuk PTN Makin Sulit, Perlu Ketekunan dan Kerja Keras

"Tentunya pengalaman melaksanakan PKL di UPT Humas Polinema sangat bermanfaat bagi saya," tutup pria yang saat ini sedang menjalankan Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com