Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB dan CIMB Niaga Jalankan Kerja Sama Strategis Pengembangan SDM

Kompas.com - 26/09/2020, 09:51 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) University dan Bank CIMB Niaga melakukan kerjasama strategis dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kerjasama ini penting dalam memperkuat, pendidikan, penlitian, dan pengabdian ke masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Rektor IPB University Arif Satria dalam keterangan resminya, mengutip laman IPB.ac.id, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Dosen IPB Ciptakan Kit Diagnosis Dini Alzheimer

"IPB University mengembangkan program kelas executive baik untuk degree maupun non degree. Untuk program degree, kita memiliki program yang sangat relevan dengan CIMB Niaga.

CIMB Niaga Syariah juga relevan, karena kita memiliki program S2 Ekonomi Syariah, S2 Manajemen Bisnis, S2 Ilmu Manajemen, S2 untuk kelas executive. Saya kira ini bisa juga dimanfaatkan untuk pengembangan sumberdaya manusia CIMB Niaga," ungkap Arif.

Arif juga menjelaskan tentang praktik Kampus Merdeka yang bisa dilakukan di CIMB Niaga. Kampus Merdeka sudah menjadi program nasional, salah satu kegiatan kampus itu adalah kegiatan magang di perusahaan selama satu semester.

"CIMB Niaga sangat relevan dan pas dengan bidang-bidang keilmuan yang ada di IPB University, sehingga mahasiswa bisa melakukan magang di sana. Tak hanya itu, para lulusan IPB nantinya juga bisa berkarir di CIMB Niaga," tutur Arif.

Alumni IPB banyak menjadi bankir canggih

Sementara CEO Bank CIMB Niaga, Tigor M Siahaan menyampaikan, CIMB Niaga sangat bangga bisa bekerjasama dengan IPB University.

Informasi terbaru, IPB University menjadi Kampus Terbaik di Indonesia dan menjadi kampus 60 besar dunia bidang pertanian dan kehutanan.

Tidak hanya itu, kata Tigor, alumni IPB University pun banyak yang berkiprah dan berhasil manjadi bankir-bankir canggih. Dalam kerjasama ini, CIMB Niaga ingin turut berpartisipasi dalam membangun pendidikan.

"Kami bisa memberikan suatu practical experience berupa kuliah umum maupun studi sharing. Selain pendidikan secara formal, kami juga ingin kembangkan beberapa konsep yang pernah dikembangkan dengan perguruan tinggi lain," tegas dia.

Menurut Tigor, program digitalisasi sangat penting. Sekarang seluruh aktivitas di CIMB Niaga sudah 95 persen dilakukan secara digital. Ke depan digitalisasi di CIMB Niaga akan permanen, bukan berarti cabang tidak ada, tetapi kemasan akan berbeda.

Baca juga: IPB: Food Estate Perlu Pertimbangkan Aspek Keberlanjutan Ekologi dan Ekonomi

"Itu yang ingin kami coba terapkan di berbagai kampus dan semoga kita bisa berpartisipasi dengan IPB University. Kita juga akan mencoba menggali potensi keuangan syariah yang bisa dikerjakan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com