Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Mendikbud Nadiem Makarim di Hari Anak Nasional 2020

Kompas.com - 23/07/2020, 11:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan selamat Hari Anak untuk semua anak Indonesia, Kamis (23/7/2020).

Ucapan tersebut disampaikan Nadiem pada pembukaan Bobo Creative Week 2020. Bobo Creative Week diadakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada Kamis 23 Juli 2020.

Nadiem menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional tahun ini memang sedikit berbeda. Pandemi Covid-19 membuat anak-anak harus belajar dan bermain di rumah.

Di tengah tantangan beradaptasi pada metode pembelajaran di era kebiasaan baru, Nadiem mengapresiasi anak-anak, orangtua, dan guru yang tetap berupaya melakukan aktivitas belajar dari rumah.

Baca juga: Muhammadiyah Mundur dari Organisasi Penggerak Kemendikbud, Ada Apa?

"Saya sangat bangga bahwa adik-adik semua dapat menjalani situasi sulit ini dengan baik," papar Nadiem.

Nadiem juga berterima kasih pada para orang tua dan guru yang berusaha agar anak-anak tetap bisa belajar meskipun dari rumah.

Generasi kuat di tengah keterbatasan

Nadiem memberikan pesan kepada anak-anak Indonesia untuk tumbuh menjadi sosok yang tetap semangat belajar walau di tengah keterbatasan.

"Situasi yang sulit bukannya mematahkan semangat adik-adik dalam belajar, tapi justru semakin menguatkannya," pesan Mendikbud.

Baca juga: Muhammadiyah-NU Mundur dari Organisasi Penggerak, Kemendikbud Beri Respons

Saat ini, lanjut Nadiem, kita semua memang sedang diuji dengan kondisi yang sulit akibat pandemi, namun di saat yang sama ada banyak hikmah di baliknya.

"Saya selalu meyakini bahwa ada hikmah di balik setiap kesulitan yang kita hadapi," imbuhnya.

Salah satu hikmah dari pandemi yang diutarakan Nadiem ialah kesadaran bahwa belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk dalam kondisi apapun.

Situasi yang sulit ini, lanjut dia, justru menunjukkan generasi muda Indonesia yang ulet dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan yang menghadang di depan mata.

"Pandemi memang menyulitkan kita, tapi tidak mematahkan kita. Pandemi justru menguatkan kita," pesannya untuk generasi muda.

Baca juga: HAN 2020, KPAI Usul Pemerintah Berikan Internet Gratis Selama PJJ

Bobo Creative Week

Bobo Creative Week merupakan acara kreatif yang dibuat untuk menemani anak-anak bermain dan belajar di masa new normal.

Melalui Bobo Creative Week, Bobo mengajak anak-anak, orang tua, dan guru untuk mengembangkan kreativitas melalui kegiatan menyenangkan, merencanakan pendidikan di masa new normal, dan membuat suasana belajar yang kreatif.

Dalam acara Bobo Creative Week, akan ada berbagai webinar edukatif untuk anak, orang tua, dan guru, yang diberikan oleh narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya.

Artikel yang sama sudah tayang di Bobo.grid.id dengan judul "Hari Anak Nasional, Ini Pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam Pembukaan Bobo Creative Week 2020".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com