Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bilik Swab Karya Dosen UGM, Tenaga Kesehatan Tak Perlu Pakai APD

Kompas.com - 17/04/2020, 09:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Makin menipisnya alat pelindung diri (APD) membuat Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan bilik swab.

Bilik tersebut dilengkapi dengan HEPA filter sehingga memudahkan dan mampu melindungi tenaga kesehatan dalam mendeteksi infeksi virus corona atau Covid-19 pada pasien.

Tak hanya itu saja, dengan bilik swab maka tenaga kesehatan tak perlu memakai APD ketika harus berkontak langsung dengan pasien.

Baca juga: Akademisi UGM: Efektivitas Masker Kain Rendah, Solusinya...

"Dengan bilik ini tenaga kesehatan tidak memerlukan alat pelindung diri saat melakukan tes swab pada pasien," ujar pengembang bilik swab, Jaka Widada, Ph.D., seperti dikutip dari laman resmi UGM, Jumat (17/4/2020).

Tak perlu pakai APD lengkap

Menurut dia, tenaga kesehatan tak perlu pakai APD lengkap karena berada di dalam bilik. Ini dilakukan ketika proses pengambilan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan pasien dengan menggunakan sarung tangan yang menonjol keluar.

Harapannya, dengan adanya bilik tersebut selain membantu dan menghemat APD saat pengujian swab, bilik ini juga dapat memberikan kenyamanan bagi petugas kesehatan saat melakukan uji swab.

Namun, tetap memperhatikan keamanan tenaga kesehatan dan pasien. Tenaga kesehatan kini tak perlu pakai APD, tetapi hanya cukup mengunakan masker.

"Karena tak pakai APD, harapannya tenaga kesehatan bisa merasa nyaman dan tidak terbebani dengan hazmat yang berat dan panas," jelas Dosen Departemen Mikrobiologi Pertanian Fakultas Pertanian UGM.

Keuntungan lain, bilik ini dapat mengurangi limbah alat medis serta menyiasati kekurangan perlengkapan medis. Menjadi solusi alternatif bagi petugas kesehatan di tengah keterbatasan APD.

Sesuai standar medis

Dijelaskan, bilik tersebut didesain dengan ukuran 90x90 cm dengan tinggi 2 meter. Bodi bilik terbuat dari bahan alumunium panel komposit (APC) dengan ketebalan sekitar 3 mm.

Untuk pintu berada di bagian belakang dan di bagian depan memakai kaca dengan tebal 6 mm dengan dua lubang yang dipasang sarung tangan panjang berstandar medis dilengkapi dengan handscoon sekali pakai untuk tangan petugas kesehatan memeriksa pasien.

Idealnya, bodi bilik menggunakan bahan stainless steel, tetapi terkendala harga yang mahal maka untuk sementara penggunaan kayu tidak memungkinkan sedangkan dengan bahan GRC Board kurang cocok apabila dibersihkan dengan disinfektan.

Kendati menggunakan bahan murah, tetapi kualitas bilik swab tetap terjaga dan sesuai dengan standar medis.

Baca juga: Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Pada bilik itu juga dilengkapi dengan HEPA filter yang biasa dipakai untuk membuat ruangan bersih dan steril layaknya di laboratorium.

Di dalam bilik juga diberi lampu pencahayaan, blower, dan amplifier dengan speaker sebagai sarana komunikasi dengan pasien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com