Kompas.com - 17/04/2020, 08:13 WIB
Aplikasi Sayang Ibu karya FKM Undip. DOK.Laman UndipAplikasi Sayang Ibu karya FKM Undip.
|

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat tetap diimbau untuk berada di rumah. Termasuk ibu hamil juga disarankan untuk tetap di rumah.

Hanya saja, bayi yang ada di dalam kandungan harus tetap terkontrol dan terjaga kesehatan maupun perkembangannya. Tetapi, bagaimana caranya mengontrol bayi tersebut?

Sebagai solusinya, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (FKM Undip) meluncurkan aplikasi bernama "Sayang Ibu" untuk memantau perkembangan kehamilan.

Baca juga: Daya Tampung Undip pada SBMPTN 2020, Berikut Peminat 2019

Ketahui status risiko kehamilan

Dengan aplikasi ini, ibu hamil dapat mengetahui status risiko kehamilan, informasi mengenai tanda kegawatan kehamilan, dan riwayat pemeriksaan kehamilan.

Bahkan ibu hamil tersebut juga dapat menyimpan profil keluarga serta tenaga kesehatan terdekat.

"Di saat pandemi Covid-19 ini banyak pemeriksaan ditunda termasuk pemeriksaan kehamilan," ujar dr. Rani Tiyas Budiyati, MH, Dosen FKM Undip seperti dikutip dari laman resmi Undip, Kamis (16/4/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, kini ibu hamil dapat memanfaatkan aplikasi tersebut jika terjadi kondisi gawat darurat.

Mulai dari mengetahui status risiko, mengetahui informasi perkembangan kehamilan dan tanda-tanda gawat darurat hingga terdapat tombol darurat ketika ibu hamil menghadapi situasi gawat darurat,

Fitur tombol darurat

Di aplikasi "Sayang Ibu", ada fitur atau tombol darurat yang menjadi kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis lainnya.

Sebab, ketika ibu hamil mengalami kondisi gawat darurat dan menekan tombol tersebut, maka alarm akan berbunyi dengan kencang untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.