Kompas.com - 17/04/2020, 08:00 WIB
Mahasiswi UMN yang kuliah secara online. DOK.UMNMahasiswi UMN yang kuliah secara online.

KOMPAS.com - Pemerintah didorong untuk memberikan kuota internet gratis untuk pembelajaran daring perlu di perguruan tinggi. Kemampuan finansial masing-masing perguruan tinggi di Indonesia berbeda sehingga menimbulkan hambatan dalam pembelajaran online.

Rektor Institut Pendidikan Bogor (IPB) University, Arif Satria mengusulkan kepada pemerintah untuk memfokuskan pembiayaan dari negara kepada bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan.

Pemerintah diharapkan bisa memprioritaskan dana pendidikan jangka pendek untuk program pembelajaran online.

"Pemerintah melalui BUMN bisa menggratiskan akses internet untuk mahasiwa untuk keperluan kuliah daring," kata Arif dalam telekonferensi, Kamis (16/4).

Arif mendukung skema kerjasama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan provider telekomunikasi agar dapat menyediakan akses internet gratis saat mengakses aplikasi pembelajaran.

Baca juga: 23.000 Mahasiswa UGM Ikuti Kuliah Online, Kendalanya Kuota Internet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, akses internet gratis di bidang pendidikan adalah sebuah investasi terbaik demi memastikan kualitas pembelajaran di masa pandemi corona.

"Mungkin harus ada revisi anggaran pendidikan agar mahasiswa diberikan akses internet gratis atau pulsa untuk membeli paket data," tambahnya.

Arif mengambil studi kasus di IPB University yang memberikan bantuan dana untuk pembelian kuota internet selama tiga bulan sebesar Rp150.000 per bulan. Bantuan tersebut diberikan kepada 25.000 mahasiswa IPB University.

"Jumlah itu sudah kami hitung dengan mata kuliah yang diakses secara daring. Saya kira itu cukup," tambahnya.

Persoalan kuota internet menjadi salah satu hambatan pembelajaran online. Mahasiswa merasa kesulitan dengan biaya yang dikeluarkan selama pembelajaran online.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.