Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Hotel Bintang 1, 2, 3, 4, dan 5

Kompas.com - 05/06/2022, 19:32 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Hotel dibagi menjadi beberapa klasifikasi yang biasanya ditandai dengan bintang yang dimilikinya, seperti hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5.

Ada berbagai faktor yang menentukan suatu hotel layak dinobatkan sebagai bintang 1, 2, 3, 4, atau 5. Akan tetapi, fasilitas dan pelayanan adalah dua hal yang sangat berpengaruh terhadap hasil penilaian.

Semakin baik fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan, biasanya semakin banyak juga jumlah bintang yang dimiliki suatu hotel. Dengan begitu, harga menginapnya pun lebih mahal dibandingkan hotel dengan jumlah bintang lebih sedikirm

Dilansir dari situs Investopedia, sistem peringkat hotel menggunakan istilah bintang dirancang untuk mengukur kualitas hotel.

Dengan demikian, tidak semua hotel bintang satu tidak layak ditinggali, hanya saja hotel tersebut menawarkan fasilitas dasar dan terbatas.

Baca juga: Alasan Check In Hotel Pukul 14.00 dan Check Out Pukul 12.00

Penentuan jumlah bintang di sebuah hotel pun berbeda-beda di setiap negara. Bahkan di Amerika Serikat (AS), situs web memberikan bintang yang berbeda untuk hotel yang sama.

Pasalnya, situs penyedia penyewaan hotel memiliki penilaian masing-masing terkait fasilitas dan akomodasi yang ditawarkan hotel.

Di Eropa, terdapat lembaga pemerintah daerah dan organisasi independen yang menentukan peringkat bintang tiap hotel.

Sementara itu, di AS, bintang diberikan oleh berbagai kelompok yang berbeda seperti buku panduan perjalanan, asosiasi perjalanan konsumen, situs web, hingga agen perjalanan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (24/12/2021), berikut ini perbedaan hotel bintang 1, 2, 3, 4, dan 5:

Baca juga: Waspada, Ini 9 Benda Paling Kotor dan Penuh Bakteri di Hotel

Hotel Bintang 1

Hotel berbintang 1 diperuntukkan bagi pengunjung yang hanya sekadar butuh istirahat pada malam hari. Hotel ini menawarkan kamar sederhana yang terdiri dari tempat tidur dan kamar mandi.

Hotel bintang 1 seringkali tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus berjalan ke luar hotel jika ingin membeli makanan atau minuman. Hotel juga tidak menawarkan fasilitas tambahan atau layanan khusus.

Akan tetapi, hotel bintang 1 memberikan harga sewa yang jauh lebih murah. Hotel ini cocok bagi para traveller yang memiliki budget minim tapi ingin menjelajahi berbagai tempat dan hanya menjadikan hotel sebagai tempat tidur pada malam hari.

Hotel Bintang 2

Meski mirip dengan hotel bintang 1, hotel bintang 2 biasanya masih bagian waralaba besar dari hotel bintang 1 yang dimiliki individu, namun dengan fasilitas sederhana sama seperti hotel bintang 1.

Kamar hotel bintang 2 biasanya menyediakan televisi dam pendingin ruangan. Hotel ini umumnya juga menawarkan restoran atau ruang makan di tempat dan layanan housekeeping harian. Resepsionis hotel ini pun seharusnya tersedia selama 24 jam.

Baca juga: 5 Rahasia dan Tips Menginap di Hotel yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com