Simak Penyebab Miss V Berbau, Seperti Bau Telur Busuk

Kompas.com - 22/05/2022, 05:30 WIB

KOMPAS.com - Miss V atau vagina yang berbau seperti telur busuk tidak hanya membuat wanita menjadi tidak percaya diri, namun harus mencari tahu apa penyebabnya.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS mengatakan, saat aroma atau bau di Miss V dirasakan kuat atau lebih kuat dari normalnya, maka kita harus mengevaluasi apakah ada masalah dari kebersihan di area tersebut.

Selain masalah kebersihan di area Vagina itu, perlu juga dievaluasi ketidakseimbangan ph, adanya penyakit kulit, keputihan yang tidak normal ataupun bau tidak sedap dari adanya keganasan rahim.

Penyebab Miss V berbau

Edwin menjelaskan, saat ada bau di area Miss V, kita harus memastikan bau ini berasal dari kulit area kelamin dan selangkangan, cairan keputihan, darah atau cairan lainnya.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan area Miss V berbau busuk bisa seperti telur busuk.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Miss V supaya Tetap Sehat dan Tidak Bau

  • Bacterial Vaginosis

Penyebab Miss V berbau selanjutnya yaitu Bacterial Vaginosis (BV). BV adalah infeksi akibat pertumbuhan bakteri tertentu di vagina yang berlebihan.

Disebutkan bahwa BV merupakan penyebab vagina bau yang paling umum, di mana bakteri ini akan mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat yang ada di vagina. Akibatnya, vagina menjadi lebih bau dari biasanya.

Edwin menjaskan, bakteri vaginosis ataupun bakteri yang berhubungan dengan penyakit menular seksual seperti gonore.

Selain itu, BV juga bisa terjadi akibat kebiasaan membersihkan vagina yang salah, seperti menggunakan sabun pewangi atau gonta-ganti pasangan.

Penyebab pertama Miss V berbau seperti telur busuk yakni adalah infeksi jamur kulit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.