Dianggap Cocok Gantikan Anies Baswedan Sebagai Gubernur DKI, Kasetpres Heru: Belum Kepikiran

Kompas.com - 21/05/2022, 20:50 WIB

KOMPAS.com - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Pemerintah pun akan menunjuk pj gubernur untuk mengisi kekosongan jabatan sebelum pelaksanaan pilkada pada 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan mengusulkan tiga nama kandidat pj gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo pada September 2022 mendatang.

Heru Budi Hartono dinilai cocok menjadi pj Gubernur DKI Jakarta

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik menilai, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono adalah sosok paling tepat menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta setelah masa jabatan Anies Baswedan berakhir.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (17/5/2022), menurut politikus Senior Partai Gerindra itu, Heru memiliki empat kriteria yang cocok untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Saya rasa tidak diragukan, Heru masuk empat syarat tadi," kata Taufik.

Baca juga: Kriteria Pj Gubernur yang Akan Gantikan Anies Baswedan Menurut Mendagri

Keempat kriteria tersebut yakni, memahami persoalan Jakarta dengan rekam jejak pernah menjadi pejabat di DKI Jakarta.

Kedua, punya kedekatan dengan sosok Presiden Joko Widodo. Ketiga, punya komunikasi yang baik dengan legislatif. Terakhir, memiliki kompetensi untuk memimpin DKI Jakarta.

"Heru pernah menjadi pejabat Pemda (DKI Jakarta) mulai dari tingkat bawah sampai Kepala Badan, Wali Kota sampai kepala badan tingkat provinsi, artinya pemahaman soal DKI tidak diragukan," ujar Taufik.

Taufik menambahkan, Heru juga dinilai dekat dengan Presiden Jokowi karena menjadi bagian pemerintah pusat setelah Jokowi kembali terpilih menjadi presiden.

"Ketiga, ketika menjabat di DKI, dia (Heru) punya komunikasi yang baik dengan legislatif dan itu saya rasakan, dan keempat punya kompetensi," tutur Taufik.

Baca juga: Golkar, PAN dan PPP Koalisi, Pengamat: Tambah Kerumitan Anies Dapat Tiket di Pilpres 2024

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.