Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tonny Syiariel
Penulis di Kompasiana

Kompasiana sendiri merupakan platform opini yang berdiri sejak tahun 2008. Siapapun bisa membuat dan menayangkan kontennya di Kompasiana.

Melihat Air Mancur Berusia Ribuan Tahun d Kota Roma

Kompas.com - 01/05/2022, 09:36 WIB
Kompasianer Tonny Syiariel,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.com

Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Roma, Air Mancur, dan Kisah di Baliknya"

KOMPAS.com - Kota Roma belum lama terjaga ketika Kompasianer mempercepat langkah kaki menuju Piazza diSpagna.

Alun-alun di pusat kota abadi ini nyaris tidak pernah sepi di sepanjang tahun. Namun, pagi itu Kompasianer ingin menikmatinya sendiri, kala rombongan turis yang biasanya memadati kawasan ini masih terlelap di kamar hotelnya yang nyaman.

Di kaki Spanish Steps itulah, Kompasianer terpesona. Takjub memandang Fontana della Barcaccia yang menawan!

Fontana della Barcaccia hanyalah satu dari ratusan air mancur yang ikut menghiasi kota Roma.

Di kota yang telah berdiri sejak tahun 753 SM itu, setidaknya terdapat lebih dari 300 air mancur monumental yang tersebar di seluruh penjuru kota. Air mancur dan Roma pun seakan tidak terpisahkan.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul THR, Ini Orang Pertama yang Perkenalkan Konsepnya

Air Mancur di Kota Roma. Sumber: foto dokumentasi pribadi / desain via CanvaKompasiana Air Mancur di Kota Roma. Sumber: foto dokumentasi pribadi / desain via Canva
Sejatinya, banyak kota terkenal di dunia pun memiliki air mancur sebagai penghias kotanya. Tetapi, tidak ada satupun yang bisa menandingi deretan air mancur di ibu kota Italia itu.

Air Mancur bahkan telah hadir di kota ini sejak ribuan tahun lalu. Sebuah air mancur di Piazza Santa Maria, misalnya, telah berdiri sejak abad ke-8.

Selain ikut menghiasi berbagai piazza atau alun-alun kota, banyak di antaranya hingga kini masih menyediakan air yang bisa diminum.

Dan tidak hanya itu, keindahan sebagian besar air mancur itu yang pada ujungnya ikut melambungkannya sebagai objek wisata terkenal.

Air Mancur di kota Roma memang sangat berbeda. Desain setiap air mancur dibuat dengan nilai arsitektur tinggi. Penuh dengan detail yang mengagumkan. Apalagi air mancur yang dibangun di era baroque. Tokoh sekaliber Gian Lorenzo Bernini pun banyak terlibat dalam berbagai pembangunan air mancur di kota ini.

Kehadiran begitu banyak air mancur di Roma mungkin bisa dimengerti. Air sejatinya telah menjadi elemen penting dalam sejarah peradaban bangsa Romawi kuno. Air merupakan dasar kehidupan. Air bahkan dianggap hadiah dari Dewa. Setiap sumber air di sana pun konon memiliki dewanya masing-masing.

Tidak kalah menariknya, setiap air mancur menyimpan kisahnya sendiri. Dan ada pula yang dibalut ritual unik. Persis seperti yang dilakukan banyak turis di Fontana di Trevi. Yes, melempar koin ke dalam kolam air mancur itu. Menarik sekali, bukan?

Dengan semua pesona serta kisah di baliknya, tidak mengherankan banyak turis ke kota Roma pun selalu menempatkan berbagai air mancur di Roma dalam acara perjalanan wisatanya. Bahkan ada yang khusus mengikuti wisata air mancur di kota yang pantas dijuluki Kota Air Mancur ini.

Apakah Anda tertarik mengikutinya juga? Let's go!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com